TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Berita Utama > Nenek 104 tahun Senang Lulus Ujian Negara Dengan Nilai Baik

Nenek 104 tahun Senang Lulus Ujian Negara Dengan Nilai Baik

Berita Utama
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Nenek 104 tahun Senang Lulus Ujian Negara Dengan Nilai Baik

KABARINDO, Kerala – Seorang nenek berusia 104 tahun di Kerala, India mendapat nilai 89 dari 100 dalam ujian literasi yang diadakan oleh program literasi negara pertengahan November lalu, dan nilai sempurna untuk ujian matematika. Ujian ini setara dengan ujian Pendidikan dasar di India yang menggunakan abjad Malayam dan menguji kemampuan dasar membaca, menulis, dan matematika.

Kuttiyama, perempuan gigih itu, baru mulai belajar membaca dan menulis setahun yang lalu meskipun ia sejak dulu ingin bisa membaca. Ia berkisah, sejak kecil ia mendapat banyak tugas-tugas rumah tangga, mulai dari mencabuti rumput liar hingga mengurus hewan ternak keluarga.

Orang-tuanya menikahkan ia di usia 16 tahun, dan harapannya untuk menjadi guru pupus karena ia tidak pernah bersekolah.

Tahun lalu, ia menemani cucunya belajar dan mulai semangat untuk mewujudkan impian masa kecilnya. Saat mengetahui keinginan Kuttiyama, seorang guru berbaik hati memberikannya buku dan mulai mengajarinya.

Sang pengajar, Rehna John, menyebutnya pelajar yang antusias. “Kelas biasanya diadakan malam hari, dan ia biasanya sudah siap sebelum kelas mulai dengan buku-bukunya.”

Guru yang juga tetangga Kuttiyama ini menambahkan, meskipun ia sering harus berbicara keras akibat masalah pendengaran dan juga penglihatan murid spesialnya ini, kelas tiga bulan mereka berjalan dengan lancar.

Kuttiyama dan suaminya yang telah wafat di tahun 2002 memiliki lima anak dan beberapa cucu. Ia kini tinggal Bersama anak tertuanya di Ayarkunnam.

Menteri Pendidikan India mengucapkan selamat atas pencapaian Kuttiyama , melalui Twitter, “Usia bukanlah halangan untuk [mencari] ilmu. Dengan rasa hormat dan kasih yang besar, saya mendoakan yang terbaik bagi Kuttiyama dan para pelajar lainnya.”

Kuttiyama merasa senang dengan kemampuan barunya dan ia berharap masih bisa melihat cucu-cucunya sukses di kemudian hari*** (Foto: BBC)


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon