Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Nama Baru Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon Menjadi Nama Kota Terpanjang di Dunia

Nama Baru Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon Menjadi Nama Kota Terpanjang di Dunia

Internasional
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Nama Baru Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon Menjadi Nama Kota Terpanjang di Dunia

KABARINDO, JAKARTA- Pemerintah Thailand telah resmi mengumumkan nama baru untuk ibu kota Thailand yakni Bangkok dengan nama resmi Krung Thep Maha Nakhon. Pergantian nama ini disampaikan oleh The Office of the Royal Society (ORST) yang merupakan lembaga di bawah pengawasan Perdana Menteri Thailand.

Nama baru Krung Thep Maha Nakhon masih belum diberlakukan sampai diperiksa oleh komite yang bertugas dan memeriksa seluruh rancangan perundang-undangan. Kabinet telah meminta panel untuk mempertimbangkan tambahan pengamatan dari Kementerian Luar Negeri terkait dengan nama baru ini. Nama baru Bangkok tersebut memiliki arti tersendiri.

Arti nama Baru Bangkok: Krung Thep Maha Nakhon

Secara harfiah, Krung Thep Maha Nakhon diartikan sebagai “kota besar para malaikat”. Krung diartikan dengan “kota” yang merujuk kepada nama ibu kota Thailand tersebut. Thep diartikan sebagai “malaikat”, Maha diartikan sebagai “besar” dan Nakhon diartikan sebagai “Kota”.

Ternyata nama Krung Thep Maha Nakhon sendiri telah dikenal luas oleh masyarakat Thailand sebagai nama lain dari kota Bangkok. Karena ini merupakan bentuk nama pendek dari nama lengkap ibu kota Thailand.

Nama lengkap dari ibu kota Thailand adalah "Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit."

Dikutip dari Britannica, nama tersebut memiliki arti "Kota Para Dewa, Kota Agung, Kediaman Buddha Zamrud, Kota Tak Tertembus (Ayutthaya) Dewa Indra, Ibu Kota Agung Dunia yang Diberkahi dengan Sembilan Permata Berharga, Kota Bahagia yang Berlimpah Istana Kerajaan Besar Yang Menyerupai Tempat Tinggal Surgawi Tempat Tinggal Dewa-Dewa yang Bereinkarnasi, Sebuah Kota yang Diberikan oleh Indra dan Dibangun oleh Wisnukarm."

Berdasarkan informasi dari Bangkok Post, Kamis (17/2/2022) menyatakan bahwa nama Krung Thep Maha Nakhon hanya digunakan sebagai nama resmi dan nama Bangkok masih akan diakui dengan penulisan dalam tanda kurung.

Sumber: Suara.com

Foto: Reuters


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER