Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Museum Nasional Kebakaran, Ini Sejumlah Faktanya!

Museum Nasional Kebakaran, Ini Sejumlah Faktanya!

Berita Utama | Senin, 18 September 2023 | 05:33 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Museum Nasional Kebakaran, Ini Sejumlah Faktanya!

KABARINDO, JAKARTA - Kebakaran melanda Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu 16 September 2023 malam. Kebakaran menghanguskan 6 ruangan di Gedung A museum tersebut.

Berikut sejumlah faktanya:

1. Gedung A Terbakar

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan, ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak.

Sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak.

“Api tidak menyebar,” ucap Ahmad, Minggu (17/9/2023).

2. Replika Terbakar

Berdasarkan penyelidikan sementara, Mahendra menyebutkan beberapa koleksi yang terbakar adalah replika di bagian prasejarah.

“Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika, seperti di bagian prasejarah. Sisanya dipastikan dalam keadaan aman. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut,” ujarnya.

3. Tidak Ada Korban Jiwa

Mahendra memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini, prioritas utama BLU MCB adalah mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah.

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," ujar Mahendra.

4. Mendikbud Pastikan Perlindungan Benda Bersejarah

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyebutkan Pemerintah pastikan perlindungan benda-benda bersejarah yang berada di Museum Nasional.

5. Kronologi Kejadian

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji menyebutkan peristiwa kebakaran ini diduga dipicu korsleting listrik.

“Korsleting listrik di belakang luar pameran museum diduga dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung blok C,” kata Isnawa dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

Isnawa menjelaskan, berdasarkan keterangan dari pihak keamanan museum, sempat terdengar ledakan yang disusul alarm kebakaran yang berbunyi.

“Sekuriti sedang melaksanakan apel, lalu tidak lama kemudian jam 19.58 terjadi ledakan yang cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional. Lalu alarm gedung berbunyi dan ketika di cross check api sudah membesar,” jelasnya.

Beruntung tak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran ini. Saat ini, belum diketahui jumlah kerugian dan berapa banyak barang-barang koleksi museum yang rusak akibat kebakaran ini.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER