Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hiburan > MRT Jakarta Diresmikan; Usung 5 Budaya Positif

MRT Jakarta Diresmikan; Usung 5 Budaya Positif

Hiburan
Oleh : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
MRT Jakarta Diresmikan; Usung 5 Budaya Positif

5 Budaya Siap Jadi Tradisi; MRT Jakarta Sukses Diresmikan Jokowi

Bunderan HI, Sudirman, Jakarta, Kabarindo- Tak ayal gegap gempita riuh dan semua berdecak kagum karena hasil 10 tahun terakhir.

MRT Jakarta Turangga sudah mulai beroperasi mulai besok, Senin 25 Maret 2019 dari pukul 05.00-22.30 dengan 13 stasiun dari Bunderan HI menuju Lebak Bulus hanya 30 menit saja.

"Silahkan mulai besok, Senin (25/3) masih gratis selama sebulan ke depan baru mulai bayar, Indonesia mulai peradaban baru untuk itu masyarakatnya harus mulai belajar ngantri, tertib dan tidak membuang sampah sembarangan, " papar Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan moda transportasi mass rapid transit ( MRT) fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang pertama di Indonesia hanya ditempuh 30menit saja.

Peresmian bersamaan dimulainya pembangunan Fase II sampai ke Stasiun Kota yang terintegrasi dengan KRL Commuter Jakarta - Bogor.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan, sekaligus MRT fase II hari ini kita mulai lagi,"  ucap Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto, dan lainnya.

Dikutip dari laman Kompas online beberapa jam yang lalu, terlihat  para artis seperti Reza Rahardian, Andien, Nirina Zubir, Cathy Sharon, Lukman Sardi yang sibuk dengan akun medsos masing-masing menvideokan peristiwa bersejarah hari ini.

Redaksi mencatat paling tidak ada 5 budaya yang akan ter bentuk dengan hadirnya moda transportasi baru ini sehingga warga kota akan terintegrated sampai 2025 mendatang.

1. Budaya Antri
Sudah jelas mulai capai kulminasi positif dari gaya hidup masyarakat dunia yang harus menghormati orang lain, first come first serve. Apalagi untuk anak-anak PAUD/TK bersama guru-gurunya selama 25 Maret-25 April sebelum bulan Ramadhan bisa menjadikan aktivitas naik MRT sebagai aktivitas luar kelas yang edukatif dan menyenangkan.

2. Budaya Peduli Lingkungan.
Membiasakan buang sampah pada tempatnya secara berulang-ulang akan membentuk pribadi Go Green apalagi menjadi tidak makan apalagi nyampah di atas MRT.

3. Budaya Jalan Kaki
Tidak saja menyehatkan tapi tradisi menggunakan moda transportasi terintegrasi dengan pedisterian yang nyaman, koridor yang disekelilingnya banyak toko menarik sampai anjungan cerdas digital makin membuat nyaman jalan kaki bisa bertemu orang baik, bergaul sampai ajang komunikasi publik. Artinya jalan kaki tidak hanya berdampak sehat fisik tapi jiwa mental.

4. Budaya Egaliter/Santun
Mempersilahkan perempuan, beri akses kaum disabilitas dan difabel termasuk ibu dengan anak atau ibu yang mengandung adalah kebiasaan yang positif dan bagian dari dunia yang makin menuntut diri siapa saja untuk adaptif.

5. Budaya Cashless/Non Tunai
Uang plastik makin fenomenal dan ngehits, artinya tidak lagi menjadi generasi receh dan Anda terhindar dari tindak kejahatan serta termotivasi untuk selalu menabung, hemat dan efektif. Mesin pembayaran otomatif serta e Money adalah ciri Indonesia 5.0.

"5 budaya tersebut malah mulai diajarkan anak saya mas karena memang sekolah sudah banyak melakukan praktek seperti itu jadi mereka anak Milleniah di eranya MRT adalah produk yang membanggakan, makanya anak saya yang dua sudah SD tapi masih kelas 1 dan 3 juga penting di ajak beraktivitas luar kelas yaaa," pinta Amanda salah seorang warga DKI dari Rawamangun saat dimintai keterangan sesaat setelah memuji lengkapnya fasilitas tiap stasiun dari lift, eskalator sampai pihak sekuriti yang santun dan karyawan yang murah senyum.


Tertarik ?


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER