Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Modal Singapura untuk Jadi Tuan Rumah WAC 2025

Modal Singapura untuk Jadi Tuan Rumah WAC 2025

Olahraga | Kamis, 17 Maret 2022 | 23:37 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Modal Singapura untuk Jadi Tuan Rumah WAC 2025

KABARINDO, SINGAPURA – Pada Kamis (17/3) pagi, badan nasional Sport Singapore (SportSG) mengumumkan ‘Singapore25’, sebuah tawaran negara itu untuk edisi ke-20 dari kompetisi dunia atletik dua tahunan, World Athletics Championships 2025.

Dikutip dari pernyataan badan tersebut, Singapura "telah mengarahkan pandangannya untuk menjadi pintu gerbang atletik untuk Asia Tenggara, wilayah dengan potensi olahraga yang belum dimanfaatkan." 

SportSG menambahkan bahwa mereka akan bermitra dengan taipan hotel Ong Beng Seng, tokoh di balik kesuksesan acara balapan GP Singapura.

Kejuaraan Dunia Atletik (WAC) berikutnya akan berlangsung di Eugene, Oregon dari 15-24 Juli setelah ditunda setahun karena pandemi. Edisi setelah itu akan diadakan di Budapest pada tahun 2023.

Jepang, Kenya dan Polandia diketahui termasuk di antara mereka yang juga telah mengangkat topi mereka ke atas ring untuk kejuaraan edisi 2025, dengan ketiga negara tersebut telah menjadi tuan rumah acara atletik besar baru-baru ini.

Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade dari 23 Juli-8 Agustus tahun lalu, sementara Nairobi menggelar Kejuaraan Dunia U-20 dari 18-22 Agustus. Silesia dari Polandia, sementara itu, telah menjadi tuan rumah acara WA Relays 2021 pada bulan Mei.

Jika tawaran Singapura berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya Asia Tenggara menggelar acara tersebut. Kompetisi ini telah dipentaskan di Asia hanya lima kali sebelumnya. Jepang menjadi tuan rumah dua kali, di Tokyo (1991) dan Osaka (2007), dan pertemuan itu juga dipentaskan di Daegu, Korea Selatan (2011), Beijing, China (2015) dan Doha, Qatar (2019).

Modal Singapura

Meskipun Singapura relatif kurang berpengalaman dalam menyelenggarakan acara atletik skala besar, Singapura memiliki infrastruktur yang diperlukan dan fasilitas kelas dunia.

Sports Hub berkapasitas 55.000 $1,33 miliar yang dibuka pada tahun 2014 merupakan titik ‘penjualan’ utama di pasar Singapura.

Dalam beberapa tahun terakhir, Singapura juga telah berhasil mengadakan acara olahraga tingkat internasional, termasuk Kejuaraan Dunia Wanita HSBC untuk golf, final tenis WTA 2014-2018, dan Formula Satu GP Singapura - yang baru-baru ini diperpanjang selama tujuh tahun.

Selain itu, Singapura merupakan pilihan yang menarik karena memungkinkan WA untuk membawa kejuaraan ke wilayah baru, dan wilayah yang memiliki bakat atletik yang sedang berkembang.

Lien Choong Luen, presiden badan atletik nasional Singapore Athletics, mengatakan: “Singapore25 akan memberikan kesempatan kepada para atlet kami dan mereka yang berasal dari kawasan ini untuk bekerja sama dengan para raksasa atletik dan lapangan dan meningkatkan minat terhadap olahraga ini.

"Ini adalah kesempatan sekali dalam satu generasi untuk menginspirasi para atlet masa depan."

***(Sumber dan foto: The Straits TImes)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER