Mobil Klinik Indosat Ooredoo; Sigap Bantu Korban Bencana di Seluruh Indonesia

Mobil Klinik Indosat Ooredoo; Sigap Bantu Korban Bencana di Seluruh Indonesia

Mobil Klinik Indosat Ooredoo; Sigap Bantu Korban Bencana di Seluruh Indonesia

Indosat Ooredoo berikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, salurkan bantuan makanan tambahan dan alat kebersihan serta layanan telekomunikasi

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo selalu hadir dan siap memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana di seluruh Indonesia.

Bantuan tersebut mulai dari memberikan layanan kesehatan dan pengobatan gratis, menyalurkan bantuan makanan tambahan dan alat kebersihan serta memberikan layanan telekomunikasi di lokasi bencana. Tindakan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) perusahaan kepada masyarakat Indonesia.

Salah satu sarana penting dalam kontribusi Indosat Ooredoo dalam upaya membantu korban bencana adalah Mobil Klinik yang selalu siap diterjunkan ke lokasi bencana. Mobil Klinik dioperasikan menyusul ditetapkannya status tanggap darurat bencana oleh pemerintah kota/kabupaten di beberapa wilayah di Indonesia.

Mobil tersebut tersebar di seluruh Indonesia dan telah berperan aktif meringankan derita masyarakat korban bencana. Setelah pemerintah daerah setempat mengeluarkan status tanggap darurat bencana, Mobil Klinik segera diterjunkan untuk memberikan layanan yang dibutuhkan oleh para korban yang terpaksa harus tinggal di tempat pengungsian. Yaitu memberikan bantuan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, menyalurkan paket bantuan makanan tambahan dan alat kebersihan serta memberikan layanan telekomunikasi.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan pihaknya prihatin terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana di berbagai daerah, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Melalui bantuan yang disalurkan melalui Mobil Klinik, kami harapkan dapat meringankan penderitaan para korban bencana. Semoga keadaan segera membaik,” ujarnya.

Mobil Klinik telah diterjunkan ke berbagai daerah yang mengalami bencana. Di antaranya sejumlah bencana alam yang terjadi sepanjang November hingga Desember pada 2020. Yaitu banjir di kota/kabupaten Aceh Utara, Batanghari, Tebing Tinggi, Lebak, Asahan dan Batubara. Juga bencana alam akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Gunung Ili Lewotok di Lembata serta Gunung Merapi di Klaten dan Magelang.

Sepanjang 2020 lalu, program CSR di pilar Pengembangan Komunitas Indosat Ooredoo telah memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan serta mendistribusikan paket bantuan darurat kepada lebih dari 18 ribu warga yang membutuhkan di lokasi pengungsian.

Mobil Klinik juga ambil bagian dalam bencana gempa bumi yang melanda Mamuju-Majene, Sulawesi Barat, pada Januari 2021 lalu. Gempa ini telah menghancurkan sebagian wilayah kota dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Masyarakat yang tempat tinggalnya rusak, harus tinggal di pengungsian.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan pihaknya telah mengirimkan Mobil Klinik dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk segera menyalurkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat terutama di lokasi pengungsian.

“Mobil Klinik segera memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat sekitar lokasi bencana yang berada di pengungsian, sambil terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat serta berupaya masuk ke lokasi bencana dan titik-titik lokasi pengungsian. Mobil Klinik akan menyalurkan sembako, masker, hand sanitizer, bantuan komunikasi dan kebutuhan sehari-hari lainnya,” paparnya.

Indosat Ooredoo juga peduli terhadap bencana banjir di Kalimantan Selatan dan tanah longsor di Jawa Barat beberapa waktu lalu dengan memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan, pembagian paket sembako, masker dan hand sanitizer serta bantuan komunikasi kartu SIM dan paket data internet.

Mobil Klinik beroperasi di 12 titik yaitu di Kabupaten Mamuju, Kabupaten Majene dan Kabupaten Poliwali Mandar di Sulawesi Barat, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjar Baru di Provinsi Kalimantan Selatan serta di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Mobil Klinik kembali ambil bagian dalam badai tropis Seroja yang melanda wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) pada April 2021 lalu yang menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor di sebagian wilayah kedua provinsi tersebut.

Indosat Ooredoo bergerak cepat dengan memobilisasi tim Mobil Klinik untuk menyalurkan bantuan kebutuhan darurat dan melakukan pelayanan kesehatan gratis kepada ribuan masyarakat yang tinggal di posko pengungsian.

Pada H+1, tim Mobil Klinik sudah bergerak ke Desa Naru, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, NTB, dengan membawa bantuan paket sembako bagi warga di posko pengungsian. Bantuan serupa juga disalurkan ke posko di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT. Tim Mobil Klinik terus dimobilisasi ke lokasi terdampak lainnya seperti Kecamatan Ileboleng dan Kota Kupang untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga.

“Mobil Klinik Indosat Ooredoo akan terus disiagakan agar bisa langsung diterjunkan membantu pemerintah daerah setempat melakukan kegiatan tanggap darurat bencana hingga masa transisi menuju pemulihan paska bencana,” ujar Vikram.

Ia menambahkan, Indosat Ooredoo segera memastikan semua karyawan beserta keluarga mereka yang tinggal di sekitar lokasi terdampak dalam kondisi selamat. Selanjutnya tim teknis terjun ke lapangan untuk memulihkan kondisi jaringan, sehingga layanan dapat digunakan kembali dengan normal.

Indosat Ooredoo memberikan bantuan komunikasi gratis kepada pelanggan yang mengalami gangguan sinyal, agar dapat menyampaikan kabar kepada keluarga dan kerabat melalui koneksi internet, panggilan telepon maupun SMS. Pelanggan prabayar memperoleh pulsa darurat senilai Rp.10 ribu, sedangkan pelanggan pasca bayar mendapatkan diskon penyesuaian tagihan bulanan sebesar Rp.25 ribu.

“Kami melakukan segala upaya untuk membantu pemerintah daerah mengatasi dampak bencana dengan mendistribusikan bantuan logistik, menyediakan pelayanan kesehatan dan medis, serta memberikan bantuan komunikasi gratis bagi pelanggan di lokasi bencana,” jelas Vikram.

Tak bisa dipungkiri, Mobil Klinik berperan penting dalam berbagai bencana di seluruh Indonesia. Indosat Ooredoo memastikan Mobil Klinik bersama tim-nya akan siap diterjunkan ke lokasi-lokasi bencana dan selalu sigap membantu para korban untuk memperoleh pelayanan kesehatan maupun pengobatan gratis.