TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Iptek > Minggu Depan Rencananya Ponsel Lipat Oppo akan diluncurkan?

Minggu Depan Rencananya Ponsel Lipat Oppo akan diluncurkan?

Iptek
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Minggu Depan Rencananya Ponsel Lipat Oppo akan diluncurkan?

KABARINDO, JAKARTA -  Teknologi dunia ponsel terus mengalami perkembangan pesat. Ponsel beraliran lipat seperti akan menjadi gaya keinian yang akan menjadi trend.

Kini ponsel merk Oppo pun akan meramaikan desain anyar tersebut dan desas-desus ponsel lipat Oppo pun sudah lama terdengar.

Dari rumor yang beredar, ponsel lipat pertama Oppo akan dikomersilkan tidak lama lagi. Kabar ini bersumber dari pembocor gadget ulung, Evan Blass di akun Twitter-nya dengan handle @evleaks. Dalam sebuah utas (thread), Evan mendapati jika Oppo sempat mengangkat tagline "Unfold the Future" untuk acara Oppo Inno Day 2021.

Tetapi, tagline itu diubah menjadi "Reimaging the Future". "Sepertinya Oppo memutuskan untuk mengganti tagline Inno Day 2021 di menit-menit terakhir," begitu twit pertama Blass.

"Tapi berkat Google cache, kita semua bisa melihat versi orisinilnya," tulis @evleaks di twit kedua, lengkap dengan tangkapan layar poster Inno Day 2021 denan tagline "Unfold the Future".

Oppo Inno Day merupakan acara tahunan Oppo yang digelar untuk memamerkan beberapa teknologi buatan Oppo, dan sekilas tentang rencana perusahaan ke depan. Untuk tahun ini, Oppo Inno Day akan digelar pada 14-15 Desember 2021.

 Jika rumor peluncuran ponsel lipat Oppo benar, kemungkinan perangkat itu akan diperkenalkan di hari pertama atau kedua. Namun, belum ada informasi resmi dari Oppo soal peluncuran ponsel lipat pertamanya. Sehingga rumor ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Beberapa tahun belakangan, Oppo beberapa kali memamerkan purwarupa ponsel lipatnya dengan aneka desain. Seperti di tahun 2019 lalu, Oppo memamerkan ponsel lipat dengan mekanisme serupa Samsung Galaaxy Fold (dilipat ke samping).

Tahun 2020, desain baru dipamerkan, yakni dilipat menjadi tiga bagian. Tidak cuma itu, di tahun yang sama Oppo juga memamerkan purwarupa ponsel dengan layar yang bisa ditekuk secara horizontal di bagian tengah, atas, dan bawah, ala ponsel clamshell. Oppo menyebutnya dengan istilah "slide-phone", di mana layar ponsel bisa dibentangkan secara keseluruhan, sehingga bentuk perangkat terlihat memanjang.

Bocoran lain soal desain ponsel lipat Oppo juga beredar belakangan. Salah satunya diumbar oleh pembocor bernama Digital Chat Station, di jejaring sosial asal China, Weibo. Kabarnya, ponsel lipat Oppo akan dibekali panel fleksibel berjenis low-temperature polycrystalline oxide (LTPO).

Panel ini biasa digunakan vendor smartphone untuk menghadirkan fitur refresh rate yang bisa menyesuaikan konten yang sedang dilihat pengguna secara otomatis. Tidak disebutkan berapa ukuran layar dan bagaimana mekanisme lipatannya, apakah model lipatan clamshell seperti Galaxy Z Flip (melipat ke atas) atau kah model lipatan ke samping seperti Galaxy Z Fold.

Indikasi lain soal ponsel lipat Oppo juga terendus lewat sebuah paten. Seperti diketahui, merek ponsel OnePlus saat ini adalah anak perusahaan Oppo.

Menurut laporan baru-baru ini, Vivo dan OnePlus sedang menyiapkan desain ponsel lipat mereka. Dari bocoran, desainnya tampak berbeda dari model ponsel lipat yang sudah beredar di pasaran saat ini.

Alih-alih dilipat menjadi dua bagian, menurut desain yang beredar, ponsel lipat OnePlus akan ditekuk ke samping menjadi tiga bagian. Tidak jelas apakah desain paten ini mirip dengan purwarupa yang dipamerakan tahun 2020 atau berbeda.

Tidak hanya ponsel lipat, Oppo kabarnya juga tengah menyiapkan ponsel gulung (rollable phone) yang konon akan diberi nama Oppo X 2021. Saat digulung, ponsel ini berbentang 6,7 inci, di mana layarnya memenuhi hampir seluruh panel dengan sisa bingkai yang sangat tipis. Ketika dibentangkan, ponsel ini memiliki ukuran 7,4 inci. Namun, perangkat ini masih berupa purwarupa dan belum diketahui apakah akan dikomersilkan atau tidak.

 


 

RELATED POSTS


Home Icon