Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Merasa Terancam, Portal independen Hong Kong Citizen News Ditutup

Merasa Terancam, Portal independen Hong Kong Citizen News Ditutup

Internasional | Senin, 3 Januari 2022 | 01:15 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Merasa Terancam, Portal independen Hong Kong Citizen News Ditutup

KABARINDO, HONG KONG – Portal berita daring independen Hong Kong, Citizen News, menyatakan pada Minggu (2/1) bahwa pihaknya akan menghentikan operasi mulai Selasa (4/1) dalam menghadapi lingkungan media yang memburuk di kota yang dikuasai China itu dan untuk memastikan keamanan stafnya.

Hong Kong kembali ke pemerintahan Cina pada tahun 1997 dengan janji bahwa hak-hak individu yang luas, termasuk kebebasan pers, akan dilindungi. 

Tetapi, aktivis pro-demokrasi dan kelompok hak asasi mengatakan kebebasan telah terkikis, khususnya sejak Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong pada tahun 2020.

Pihak berwenang Hong Kong menolak hal tersebut dan pemerintah kota membantah menargetkan media.

“Sayangnya, perubahan yang cepat dalam masyarakat dan memburuknya lingkungan media membuat kami tidak dapat mencapai tujuan kami tanpa rasa takut. Di tengah krisis ini, pertama-tama kami harus memastikan semua orang di kapal itu aman,” kata Citizen News yang didirikan pada tahun 2017 lalu dalam sebuah pernyataan.

Merasa Terancam, Portal independen Hong Kong Citizen News Ditutup(Foto: Citizen News didirikan oleh jurnalis-jurnalis veteran pro-demokrasi -The Standard)

Dalam deskripsinya di Facebook, Citizen News mengatakan tidak memiliki afiliasi partai dan bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai inti Hong Kong seperti kebebasan, keterbukaan, keragaman, dan inklusi.

Perkembangan itu terjadi beberapa hari setelah dua mantan editor senior Stand News Hong Kong didakwa berkonspirasi untuk menerbitkan materi penghasutan dan setelah penggerebekan di kantor outlet media daring itu oleh sekitar 200 polisi. 

Permohonan untuk mengeluarkan kedua jurnalis itu dengan uang jaminan telah ditolak. ***(Sumber dan Foto: Reuters/Straits Times, The Standard)


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER