Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Merah Putih Fund Akan Beri Suntikan Dana 300 Juta Dolar AS untuk Startup Lokal

Merah Putih Fund Akan Beri Suntikan Dana 300 Juta Dolar AS untuk Startup Lokal

Ekonomi & Bisnis | Rabu, 9 Februari 2022 | 12:42 WIB
Editor : Budiman

BAGIKAN :
Merah Putih Fund Akan Beri Suntikan Dana 300 Juta Dolar AS untuk Startup Lokal

KABARINDO, JAKARTA - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkap bahwa program Merah Putih Fund akan memberikan suntikan dana sebesar 300 juta dolar AS kepada startup lokal supaya bisa melebarkan sayapnya menjadi unicorn.

"Dana ini akan diluncurkan dengan jumlah committed fund mencapai sekitar 300 juta dolar AS," ujar Kartika dalam seminar daring Mandiri Investment Forum 2022 di Jakarta, Rabu (9/2/2022),

Nantinya, suntikan dana itu akan diprioritaskan untuk diberikan kepada startup lokal supaya mereka tetap beroperasi di Indonesia ketika nantinya sudah menjadi unicorn.

Kementerian BUMN juga akan mendukung mereka agar bisa melantai di Bursa Efek Indonesia, serta mengupayakan supaya investor global bisa tertarik.

BACA JUGA:

Kabar Gembira Mantan Bek Fiorentina Bersedia Dinaturalisasi Jadi WNI

"Melalui kolaborasi ini kita berharap bahwa kita bisa mendukung dan memastikan startup-startup nasional mendapatkan pendanaan di dalam negeri, serta juga menciptakan ekosistem yang melahirkan banyak startup unicorn bahkan decacorn nasional ke depannya," kata Kartika.

Difokuskan ke Soonicorn

Adapun sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa Merah Putih Fund akan difokuskan untuk soonicorn alias soon to be unicorn.

Erick Thohir menilai bahwa para soonicorn itu memiliki potensi, tetapi banyak yang tidak berkembang karena tidak mendapatkan suntikan dana dari investor.

Merah Putih Fund sendiri merupakan program dari Kementerian BUMN untuk mendukung akselerasi startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn, melalui kolaborasi bisnis dan modal. Selain itu, juga membangun sinergi potensi solusi digital di berbagai sektor.

Merah Putih Fund akan dikelola oleh lima corporate venture capital BUMN dan menggalang dana 300 juta dolar AS untuk tahap pertama dari sejumlah BUMN.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara
 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER