Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Bertemu PLO di BRICS, Menlu Sugiono Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina

Bertemu PLO di BRICS, Menlu Sugiono Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina

Berita Utama | 3 jam yang lalu
Editor : Anton CH

BAGIKAN :
Bertemu PLO di BRICS, Menlu Sugiono Tegaskan Komitmen Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina

KABARINDO, RUSIA – Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus, Menteri Luar Negeri (Menlu) Sugiono melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh. Dalam pertemuan tersebut, Menlu Sugiono menegaskan kembali komitmen kuat Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

“Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu berada di garis depan diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina”, tegas Menlu Sugiono dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu). “Dukungan kepada Palestina ini juga disampaikan oleh Presiden RI Prabowo Subianto saat pelantikannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 lalu,” tambahnya.

Menlu Sugiono menyampaikan tiga hal, yakni menekankan kembali dukungan politik untuk Palestina termasuk dengan terus mendorong gencatan senjata permanen dan upaya-upaya perdamaian lainnya menuju Solusi Dua Negara.

Kedua, menegaskan kembali komitmen bantuan kemanusiaan RI kepada Palestina, baik secara bilateral, maupun melalui badan PBB seperti UNRWA dan ILO.

Ketiga, menegaskan pentingnya upaya kolektif untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah. 

Menlu Sugiono menyampaikan pertemuan BRICS ini harus dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi sebagai kekuatan positif (positive force) untuk terus mengupayakan perdamaian di Palestina.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER