Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Menkeu Sri Mulyani Sarankan Pelaku Ekonomi di Bali Lakukan Diversifikasi Usaha selain Pariwisata

Menkeu Sri Mulyani Sarankan Pelaku Ekonomi di Bali Lakukan Diversifikasi Usaha selain Pariwisata

Ekonomi & Bisnis | Senin, 17 Januari 2022 | 22:22 WIB
Editor : amritawa

BAGIKAN :
Menkeu Sri Mulyani Sarankan Pelaku Ekonomi di Bali Lakukan Diversifikasi Usaha selain Pariwisata

KABARINDO, BALI - Usaha pariwisata di Bali yang terpukul keras akibat pandemi Covid-19 ikut menjadi perhatian Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Ia menilai bahwa Provinsi Bali terlalu mengandalkan sektor pariwisata sebagai tulang punggung sehingga saat terjadi pandemi para pelaku usaha pun mengalami permasalahan ekonomi yang berat.

Menanggapi hal tersebut, Sri Mulyani menilai para pelaku usah di Bali perlu melakukan diversifikasi pasar di sektor lain untuk mendukung perekonomiannya, seperti sektor pertanian, seiring tingginya permintaan pasar dunia untuk produk pertanian organik.

Menkeu melihat bahwa pandemi Covid-19 memberi pelajaran sehingga kedepannya perekonomian Bali tak boleh hanya bergantung pada sektor pariwisata.

“Bali memiliki potensi besar dengan adanya sistem subak dan potensi lahan untuk pertanian organik sebagai potensi diversifikasi. Dengan berbagai upaya tersebut, UMKM tidak hanya bisa bertahan pada situasi pandemi, namun bahkan bisa bangkit kembali,” ujar Menkeu dalam acara “Gebyar UMKM” diselenggarakan oleh Pusat Investasi Pemerintah (PIP) di Ubud, Bali pada Sabtu (15/01).

Menkeu mengungkapkan pemerintah memberikan berbagai bantuan yang bersumber dari APBN kepada UMKM, seperti melalui bantuan subsidi bunga, pembiayaan Ultra Mikro (UMi), dan penjaminan pinjaman sehingga bank berani memberikan pinjaman bagi UMKM di tengah kondisi pandemi.

“Pemerintah juga memberikan technical assistance, misalnya Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai membantu UMKM melalui unit teknis untuk menembus pasar ekspor,” kata Menkeu.

Peran UMKM, termasuk usaha ultra mikro, mencapai 64,2 juta dengan kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM mampu menyerap 97 persen total tenaga kerja dan sekitar 60 persen dari total investasi di Indonesia.

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang merupakan Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian Keuangan menjadi salah satu lembaga yang mendukung perkembangan usaha ultra mikro di Indonesia. PIP ikut serta dalam upaya menggerakkan ekonomi di sektor mikro dan ultra mikro agar bisa meningkat dan berkembang. Harapannya, berbagai bantuan yang diberikan pemerintah mampu mendukung pelaku UMKM bisa terus tumbuh dan melakukan ekspansi hingga ke pasar global.

Sumber/Foto:Kemenkeu


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER