Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Menkes Budi Gunadi Sadkin: Vaksinasi Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 di Indonesia

Menkes Budi Gunadi Sadkin: Vaksinasi Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 di Indonesia

Berita Utama | Jumat, 6 Januari 2023 | 05:05 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Menkes Budi Gunadi Sadkin: Vaksinasi Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 di Indonesia

KABARINDO JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan vaksinasi berhasil turunkan kasus Covid-19 di Indonesia. Hal itu diungkapkan Menkes dalam laporan capaian kinerja 2022 untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

“Vaksinasi ini sudah berhasil menurunkan secara drastis kasus Covid-19 di indonesia Hal ini menunjukan bahwa program vaksinasi kita dilakukan dengan cukup efektif,” ujar Menkes dalam keterangan resminya, Kamis (5/1/2023).

Menkes mengatakan, untuk vaksinasi Indonesia sudah masuk peringkat lima besar dunia yakni berada di bawah China, India, Amerika Serikat, dan Brazil. Pada tahun 2022 Indonesia telah memberikan sekitar 450 juta dosis vaksin yang disuntikan ke 204 juta orang dari target populasi sekitar 234 juta orang.

Indonesia, kata Menkes, memang sempat mengalami dua gelombang Covid-19 yang besar, yaitu gelombang Delta di bulan Juni-Juli 2021 dan Gelombang Omicron di awal tahun 2022. Namun dengan tingkat cakupan vaksinasi yang tinggi setelah gelombang varian Omicron, di Indonesia tidak ditemukan lonjakan kasus baru.

“Beberapa negara besar mengalami lonjakan tetapi kita di Indonesia tidak mengalami lonjakan yang berarti. Baik dari sisi kasus, hospitalisasi maupun yang meninggal,” sebut Menkes.

Menkes menambahkan, indikator penularan Covid-19 atau dikenal dengan angka reproduksi Indonesia sudah dibawah satu. Dimana angka satu artinya penularan masih terjadi satu orang menularkan satu orang lain, namun jika di bawah satu maka artinya satu orang menularkan ke kurang dari satu orang.

“Saat ini angka reproduksi Covid-19 Indonesia ada di 0,78 yang berarti jika ada satu orang tertular maka kemungkinan untuk menularkan ke orang lain tidak mencapai satu orang,” tandasnya.

Selain vaksinasi Covid-19, Kemenkes juga melakukan sejumlah inisiatif untuk meredam kenaikan kasus di Indonesia. Langkah yang dilakukan berupa pemanfaatan dari sisi sains dan teknologi untuk memproses identifikasi jenis atau varian virus.

Menurut Menkes, langkah ini penting karena semua lonjakan kasus yang terjadi di seluruh dunia disebabkan bukan oleh pergerakan atau mobilitas, tapi disebabkan terutama karena adanya varian baru. Sehingga, lanjut Menkes, varian-varian baru ini perlu diidentifikasi secara rutin dan diketahui pola penyebarannya seperti apa.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER