Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Mengikuti Lomba Dapat Membantu Karir, Jadi Nilai Tambah

Mengikuti Lomba Dapat Membantu Karir, Jadi Nilai Tambah

Gaya hidup | Kamis, 7 April 2022 | 11:50 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Mengikuti Lomba Dapat Membantu Karir, Jadi Nilai Tambah

Mengikuti Lomba Dapat Membantu Karir, Jadi Nilai Tambah

Kembangkan kemampuan sesuai passion

Surabaya, Kabarindo- Pada zaman modern ini, dunia kerja semakin kompetitif. Banyak mahasiswa yang semakin aktif mengikuti berbagai untuk mendapatkan pengalaman berorganisasi yang diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi CV mereka saat melamar pekerjaan di perusahaan bergengsi.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan hingga Agustus 2021, jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 140,15 juta orang, meningkat 1,93 juta orang dibandingkan pada Agustus 2020. Jumlah penduduk usia kerja yang telah bekerja pada Agustus 2021 sebanyak 131,05 juta orang, naik sebanyak 2,60 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Indri Lastina Sudarmadji, Talent Acquisition Director l'oréal Indonesia, dengan persaingan yang semakin ketat di dunia kerja, para mahasiswa perlu menjadi berbeda. Caranya dengan mengembangkan kemampuan sesuai passion mereka, salah satunya dengan mengikuti lomba atau kompetisi yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan, dapat membuat mereka menjadi talenta yang lebih kompetitif.

Indri memberikan tiga alasan berikut mengenai bagaimana kompetisi dapat membantu mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

1. Memfasilitasi perkembangan pola pikir

Ketika memasuki dunia kerja, para mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan pola pikir untuk dapat menjadi sosok yang berkontribusi pada kemajuan perusahaan. Dalam bukunya berjudul “Mindset” yang diterbikan pada 2006, Dr. Carol Dweck memaparkan manfaat memiliki Growth Mindset atau pola pikir untuk terus berkembang dalam pembelajaran dan kehidupan. Dweck mencatat bahwa dengan memiliki growth mindset, kita terus-menerus mencari cara untuk meningkatkan diri sendiri, dan ini mengarah pada peningkatan peluang dalam karir dan kehidupan pribadi kita.

Sebuah kompetisi dapat memfasilitasi perkembangan pola pikir bagi pesertanya dengan memberikan tantangan dan sudut pandang baru, sehingga bisa terus berkembang. Kompetisi juga dapat membangun ketangguhan mental agar menjadi lebih kompetitif & siap menghadapi tantangan. Ini merupakan keterampilan yang berguna dalam berkarir maupun kehidupan.

2. Meningkatkan kemampuan analisa resiko & kolaborasi

Kemampuan analisa resiko & berkolaborasi untuk mencari solusi adalah kemampuan yang krusial bagi dunia kerja. Penting untuk mampu menganalisa seluruh risiko dan bekerja sama dalam tim untuk memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah sesuai dengan situasi yang dihadapi, karena kita selalu berhubungan dengan orang lain dalam dunia kerja.

Melalui design competition dan open solution challenges ada banyak cara di mana peserta bersama anggota tim-nya ditugaskan untuk mengevaluasi resiko dan mencari solusi. Kompetisi yang mengutamakan kerja sama tim dapat membantu peserta menjadi lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja saat ini.

3. Terkoneksi langsung dengan perekrut di perusahaan

Kompetisi bisa menjadi jalan awal bagi mahasiswa untuk networking dengan perusahaan, terutama dengan divisi human resource yang mengurus talenta-talenta perusahaan.

Mengikuti kompetisi dapat kita mengembangkan diri dan anda sudah berhasil mendapatkan perhatian dari para perekrut, karena profil anda sudah masuk ke dalam sistem. Jika kinerja dan kepribadian anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka bisa saja anda mendapatkan kesempatan untuk diwawancara dan direkrut, terutama jika pernah memenangkan kompetisi.

Salah satu kompetisi bergengsi yang bisa anda ikuti adalah L'Oréal Brandstorm, sebuah kompetisi inovasi berskala dunia yang memberi kesempatan untuk pitch ide bisnis anda kepada para pemimpin bisnis di L'Oréal. Selama mengikuti kompetisi, anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan kesempatan pendampingan dari para ahli di bidangnya. Anda juga berkesempatan untuk dapat bekerja di L'Oréal. Kompetisi ini secara global telah dijalankan sejak 1992 dan di Indonesia sejak 2009. Pemenang L'Oréal Brandstorm di Indonesia akan mendapat kesempatan mengikuti International Final di Paris, Perancis, untuk mewakili Indonesia dan berkompetisi dengan para pemenang dari negara-negara lain.

Final nasional L'Oréal Brandstorm 2022 di Indonesia diadakan pada Kamis, 7 April 2022.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER