Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Melalui Wadah Indonesia Now, Ayumi Kali Kedua Tampilkan Karyanya di NYFW Spring/Summer Collections 2024

Melalui Wadah Indonesia Now, Ayumi Kali Kedua Tampilkan Karyanya di NYFW Spring/Summer Collections 2024

Gaya hidup | Minggu, 17 September 2023 | 05:28 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Melalui Wadah Indonesia Now, Ayumi Kali Kedua Tampilkan  Karyanya di NYFW Spring/Summer Collections 2024

KABARINDO, JAKARTA - AYUMI, jenama busana milik perancang mode muda Marina Christyanti Ayumi, untuk kedua kali menggelar karyanya di ajang mode berkelas dunia, New York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer Collections 2024 pada Rabu, 13 September 2023, jam 11.00 waktu setempat di The Gallery - Spring Studios, New York, Amerika Serikat.

Ayumi ikut serta melalui wadah Indonesia Now yang mengantarai para perancang busana dengan International Management Group (IMG) selaku produser resmi NYFW, dan secara resmi tercatat di dalam Agenda Acara NYFW Runway. Peragaan dapat dinikmati para undangan khusus, atau melalui tautan tayangan langsung (live streaming).

Melalui Wadah Indonesia Now, Ayumi Kali Kedua Tampilkan  Karyanya di NYFW Spring/Summer Collections 2024

INSPIRASI KOLEKSI 

Musik pop dengan segala atributnya seperti gaya berpakaian sangat lekat dalam keseharian semasa remaja  Ayumi di era tahun 90an. Unsur ini menjadi inspirasi Ayumi untuk membawa kebaruan ketika Ayumi ingin menggarap Songket sebagai bahan utama yang merupakan referensi kultur untuk mengedepankan gagasan modenya. Persembahan koleksi ini ia beri tajuk A POP OF CULTURE.

Koleksi A Pop of Culture tergabung menjadi satu dari dua sub tema, A Pop of Color yang melansir warna-warna terang  seperti Fuchsia, Hijau Limau, Ungu, Biru Terang, Coklat Muda, dan Nude. Sub tema selanjutnya, A Pop of Culture menggiring akulturasi budaya yang diambil dari gaya pop musik ala 90-an, ketika Britney Spears dan Jennifer Lopez berjaya di masanya.  Dengan jeli Ayumi memasukkan unsur-unsur pop ini ke dalam karya modenya, karena sang Desainer menengarai nuansa pop sebagai tendensi mode tahun depan. 

Ayumi juga memilih bekerja sama dengan para perajin perempuan untuk mendukung dan mengangkat unsur budaya bahan tradisional yang digarap oleh para perempuan menjadi tampak lebih modern dalam industri mode Tanah Air.

“Saya ingin mendukung pemberdayaan kaum perempuan, karenanya wanita menjadi konsiderasi saya. Bukan hanya karya saya yang akan dipakai oleh para perempuan, orang-orang yang berada di belakang layar seperti perajin, pemilik usaha yang perempuan menjadi pilihan untuk saya ajak bekerja sama”, terang Ayumi. 

Sebagai bahan utama untuk 10 set koleksi yang dipergelarkan, Sang Perancang memilih menggunakan Songket Minang yang dipesan khusus dari perajin UMKM Pandai Sikek Sumatera Barat. 

Hasilnya, tiga corak geometris khas Songket Pandai Sikek yakni motif Pohon Pinang, motif Biji Bayam, dan motif Jalinan Lidi yang memesona Ayumi itu lahir dalam sentuhan feminin yang kental dan warna-warna terang tanpa kehilangan kilau emas dan perak yang menjadi ciri utama songket ini. Bahan Lace dan Satin Silk digunakan Ayumi untuk mempertebal kesan masa kini saat berdampingan dengan kain Songket.  

Lebih jauh lagi, Ayumi melakukan teknik pembahanan dengan menambahkan butir-butir mutiara air tawar pada busana. Mutiara-mutiara berdiameter 5 mm hingga 14 mm dan dengan bentuk beragam seperti bulat, semi bulat, oval, hingga yang tak beraturan. Mutiara-mutiara disusun sedemikian rupa hingga menjadi tekstur serta motif yang mengayakan Songket dan membentuk corak baru saat diaplikasikan pada sekujur busana yang ditampilkan.

Aksesori berupa kalung dan cincin yang terbuat dari mutiara air laut atau lebih dikenal sebagai South Sea Pearl dihadirkan untuk melengkapi busana. Mutiara-mutiara air tawar maupun air laut tersebut datang dari budidaya yang dikerjakan oleh UMKM milik Vidia Charunnisa dari Narce Jewelry di Lombok, Nusa Tenggara. 

Melalui Wadah Indonesia Now, Ayumi Kali Kedua Tampilkan  Karyanya di NYFW Spring/Summer Collections 2024


KOLEKSI KAYA RUPA

Rancangan Ayumi yang konstruktif memperlihatkan cita rasa provokatif dan seksi berbalut sentuhan elegan. Setiap lembar karya busana Ayumi dikerjakan dalam teknik jahit yang sempurna dengan meminimalkan memotong bahan untuk terlihat apik.

Ayumi menyusun detail ornamen mutiara air tawar sedemikian rupa di atas kain songket dan mendramatisasi desain ciptaannya. Ini interpretasi Ayumi dalam mengayakan budaya tradisional untuk mencapai kesan lebih modern dan metropolis. Rancangan yang dapat dikenakan untuk segala macam kesempatan, mulai dari acara ringan dan santai sampai perhelatan formal dan resmi.

Songket yang dirangkai dengan satin silk dan renda menjelma menjadi gaun koktail berpotongan selutut yang memberi kesan merampingkan dan seksi dalam warna fuchsia, rok gelembung aristokratis berwarna ungu, korset-korset yang erat memeluk tubuh, gaun bersusun tembus pandang melambai dalam warna coklat muda, blus dengan ruffles hijau terang, terusan dengan bulu-bulu dan manik-manik, hingga cropped jacket di atas celana bergaris pinggang tinggi. 

Ayumi telah menyajikan desainnya dalam kemasan baru yang bernuansa masa kini dalam jalur rancangan busana siap pakai yang rapi dan cantik. Kekuatan dan daya tarik koleksi kali ini terlihat pada eksplorasi songket dalam korset yang menginterpretasikan keindahan kebudayaan dalam rasa yang lebih masa kini. Foto: Istimewa


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER