Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Olahraga > Melalui PSSI, Indonesia Resmi Ajukan Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Melalui PSSI, Indonesia Resmi Ajukan Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Olahraga
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Melalui PSSI, Indonesia Resmi Ajukan Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

KABARINDO, JAKARTA - Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan resmi mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Jika direstui Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), hal tersebut berpengaruh dengan nasib drawing Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang.

Sebagaimana diketahui, China resmi mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala AFC tahun depan. Hal tersebut tak lepas dari pandemi Covid-19.

Sebelumnya, AFC telah memberikan batas waktu pendaftaran hingga 30 Juni 2022 bagi negara yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah. Namun, melihat situasi saat ini AFC memutuskan kembali memperpanjang tengah waktu pendaftaran tim tuan rumah, hingga 5 Juli 2022 mendatang.

Sementara itu, Mochamad Iriawan mengatakan PSSI resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun mengucapkan terimakasih kepada Menpora, Zainudin Amali karena sudah memberikan dukungan untuk rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah ajang tersebut.

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini,” kata Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut, Mochamad Iriawan menjelaskan semua persyaratan yang diminta oleh AFC akan segera disiapkan. Ia pun mengatakan, ketika persyaratan sudah lengkap maka akan dikirim secepatnya.

"Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin," ucapnya.

Sejauh ini sudah ada empat negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Demikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Apalagi Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia.

Di sisi lain, jika benar Indonesia jadi tuan rumah Piala Asia 2023, praktis itu akan berpengaruh terhadap drawing Timnas Indonesia. Sekadar diketahui, Pot drawing Timnas Indonesia bisa saja berubah dan masuk ke Pot 1. Sebab di Pot 1 drawing berisikan tim tuan rumah dan tim dengan peringkat FIFA lima teratas level Asia. Foto : PSSI


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER