Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Marselino Ferdinan Sabet Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

Marselino Ferdinan Sabet Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

Olahraga | Selasa, 17 Januari 2023 | 05:34 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Marselino Ferdinan Sabet Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2022

KABARINDO, - Pemain muda berbakat Tim Nasional (Timnas) Marcelino  Ferdinan rebut penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2022. AFF telah resmi merilis daftar penghargaan individu setelah turnamen dan sang gelandang bintang muda Timnas Indonesia ada di dalamnya.

Piala AFF 2022 telah resmi berakhir dengan Timnas Thailand keluar sebagai juaranya. Mereka menang dengan agregat 3-2 dari dua pertemuan kontra Vietnam.

Setelah menahan Vietnam 2-2 di Hanoi pada Jumat 13 Januari 2023, Thailand menang 1-0 di leg kedua. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Thammasat, Senin 16 Januari 2023, gol tunggal Theerathon Bunmathan mendefinisikan hasil akhir 1-0.

Kiprah Timnas Indonesia sendiri telah berakhir sejak semifinal karena disingkirkan Vietnam. Penampilan Marselino Ferdinan adalah salah satu yang mencuri perhatian dalam kiprah tersebut.

Marselino Ferdinan selalu dipercaya Shin Tae-yong mengisi lini tengah skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia – selama Piala AFF 2022. Kontribusinya sudah terlihat sejak memberi assist ke Witan Sulaeman dalam kemenangan 2-1 kontra Kamboja di fase grup A.

Pemain 18 tahun itu hanya sekali tidak main saat Indonesia menang besar 7-0 kontra Brunei Darussalam. Dia menjadi pemain pengganti imbang 0-0 melawan Thailand.

Ktika dipercaya lagi menjadi starter, dia mencetak gol spektakuler melawan Filipina di laga terakhir fase grup. Laga itu berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

Pemain Persebaya Surabaya itu juga jadi andalan di dua leg babak semifinal melawan Vietnam. Sayang, skuad Garuda gagal melaju ke partai final karena kalah agregrat 0-2.

Penghargaan individu lainnya didapat gelandang sekaligus kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. Dia mendapat gelar pemain terbaik di ajang tersebut.

Theerathon hanya mencetak 1 gol di ajang itu. Tapi gol tersebut yang memastikan Timnas Thailand meraih gelar ketujuhnya sepanjang sejarah turnamen.

Sementara untuk gelar pencetak gol terbanyak dimiliki dua pemain yakni striker Thailand, Teerasil Dangda dan penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh. Keduanya sama-sama mengemas 6 gol di laga ini.

Adapun tim ter-fair play adalah Timnas Malaysia. Mereka berhasil lolos ke semifinal, tapi hanya mendapat satu kartu merah yang diterima Azam Azmi di fase grup.

Penghargaan Individu Piala AFF 2022:

Pemain Terbaik: Theerathon Bunmathan (Thailand)

Pencetak Gol Terbanyak: Teerasil Dangda (Thailand) & Nguyen Tien Linh (Vietnam) (6 gol)

Pemain Muda Terbaik: Marselino Ferdinan (Indonesia)

Tim Paling Fair Play: Timnas Malaysia

Foto: PSSI


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER