Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Mahasiswa STIKes Horizon Karawang Laksanakan Praktik Merawat Pasien Gangguan Jiwa di RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

Mahasiswa STIKes Horizon Karawang Laksanakan Praktik Merawat Pasien Gangguan Jiwa di RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

Iptek | Kamis, 23 Februari 2023 | 08:45 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Mahasiswa STIKes Horizon Karawang Laksanakan Praktik Merawat Pasien Gangguan Jiwa di RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

KABARINDO, KARAWANG - Sebanyak 60 orang mahasiswa program studi Ners melakukan praktik klinik kuliah keperawatan di PKJN RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi, Bogor. Walau kegiatan ini cukup menantang karena kondisi pasiengangguan jiwa bervariasi dan terkadang dalam kondisi akut, namun mereka tetap semangat untuk melakukan praktik pelaksanaan keperawatan pasien gangguan jiwa yang menjadi salah satu standar kompetensi lulusan sarjana keperawatan STIKes Horizon Karawang.

Sebelum melakukan kegiatan yang berlangsung pada tanggal 30 Januari hingga 11 Februari 2023 lalu, 15 orang mahasiswa dan 45 orang mahasiswi STIKes Horizon Karawang ini telah dibekali pengetahuan akademik mata kuliah keperawatan jiwa I dan II serta komunikasi theurapetic, praktik di laboratorium kampus, serta praktik lapangan di panti rehabilitasi Yayasan Ar Rofiiyah di Purwasari, Cikampek dimana setiap mahasiswa mempunyai kesempatan mengelola 1 pasien dengan gangguan jiwa dan masalah psikososial.

Dalam kegiatan praktik di RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi, Bogor yang memang sudah menjalin kemitraan dengan STIKes Horizon Karawang ini, tiap mahasiswa mempunyai pengalaman yang berbeda-beda.

Ada yang kooperatif tapi ada juga yang masih sulit diajak berkomunikasi. Apalagi di RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi, Bogor ini para mahasiswa STIKes Horizon Karawang ditempatkan di ruang akut, yaitu psychiatric health care unit dan ruangan pasien yang masih akut pertama kali dirawat.

“Namun pada dasarnya berbekal ilmu yang sudah dibekali, setiap mahasiswa mampu mengaplikasikan dengan pendekatan proses keperawatan melalui komunikasi theurapetic sehingga para mahasiswa mampu mengelola pasien dengan mahasiswa gangguan jiwa dengan strategi pelaksanaan keperawawatan pasien gangguan jiwa dengan 7 diagnosa utama yang menjadi standar kompetensi lulusan sarjana keperawatan STIkes Horizon Karawang,” jelas Ns. Abdul Gowi,M.Kep.,Sp.Kep.J yang merupakan Koordinator MK.profesi Kep.jiwa STIKes Horizon Karawang.

STIKes Horizon Karawang yang memiliki akreditasi Baik Sekali ini merupakan bagian dari Horizon Karawang yang kini sedang mengajukan aplikasi untuk menjadi Universitas kepada DIKTI.

Selain pendidikan kesehatan, (S1 Keperawatan, Profesi Ners, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan), Horizon Karawang juga menyediakan pendidikan IT (S1 Informatika, S1 Sistem Informasi), dan Ekonomi/Bisnis bermitra dengan STIE Triguna (S1 Manajemen dan S1 Akuntansi). Foto: Dok. Stikes Horizon Karawang


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER