Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Lucky Bayu Purnomo Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi & Ilmu Keuangan dengan Predikat Sangat Memuaskan

Lucky Bayu Purnomo Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi & Ilmu Keuangan dengan Predikat Sangat Memuaskan

Iptek | Selasa, 29 November 2022 | 17:56 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Lucky Bayu Purnomo Raih Gelar Doktor  Ilmu Ekonomi & Ilmu Keuangan dengan Predikat Sangat Memuaskan

KABARINDO, JAKARTA – Lucky Bayu Purnomo berhasil meraih gelar doktor dengan hasil dan predikat SANGAT MEMUASKAN melalui disertasi dengan judul penemuan harga saham  perbankan di Bursa Efek Indonesia. Sidang Terbuka Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ilmu  Keuangan Universitas Trisakti di laksanakan pada Senin (28/11/2022).

Bertindak selaku Promotor  adalah Prof. Dr. Adler H. Manurung, ME, M.Com, Co-Promotor Dr. Bahtiar Usman MM. dan Sidang  terbuka di Pimpin oleh Ketua sidang Dr. Yolanda Masnita Siagian, MM, CIRR, disertai anggota Prof.  Farah Margaretha, ME, Ph.D, Prof. Dr. Hamdy Hady, DEA, Dr. Henny Setyo Lestari, MM , Dr. Ivan Malik Dalam disertasinya, Lucky Bayu Purnomo menjelaskan, tujuan penelitannya adalah penemuan harga 
saham di Bursa Efek Indonesia, sehingga investor dan pelaku transaksi harga saham di Bursa Efek 
Indonesia dapat memperoleh kesepakatan harga transaksi berdasarkan kinerja volatilitas harga, 
volume harga, frekuensi harga, momentum harga dan foreign net buying.

Price Discovery atau penemuan harga membuktikan bahwa pentingnya penemuan harga transaksi  melalui pemahaman proses terbentuknya harga berdasarkan ketersediaan harga di pasar yang sangat  beragam dan dinamis, hingga di perlukan nya proses penyelidikan harga dalam kondisi harga normal  maupun ketidaksempurnaan dari harga itu sendiri.

Price discovery atau penemuan harga memiliki berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan  penyelidikan harga, menghitung biaya yang di keluarkan untuk melakukan eksekusi suatu harga,  memperhitungkan Resiko harga, melihat apresiasi jumlah pembeli dan penjual hingga biaya  penyelesaian atas transaksi tersebut, sehingga mencapai hasil transaksi yang optimal.

Beberapa fenomena yang terjadi pada proses transaksi harga saham di Bursa Efek Indonesia, adalah  Investor ingin mencapai kesepakatan harga untuk meghasilkan kinerja transaksi yang optimal dengan  melakukan proses tawar menawar melalui ketersediaan harga saham yang beragam. Investor juga  mempertimbangkan tingkat resiko terhadap harga, dan investor mempertimbangkan imbal hasil 
melalui kinerja harga saham tersebut.

Desain harga 

Untuk itu, desain harga secara mikro, menjadi bagian penting dari desain pasar secara makro,
sehingga pelaku transaksi memperoleh bukti dan keterangan adanya para pihak yang terlibat dalam 
struktur pasar dan struktur harga, Penemuan harga adalah bagian dari Market micro structure, dimana  market micro structure atau struktur pasar mikro memberikan uraian bagaimana harga yang diperdagangkan oleh berbagai pihak, Hasbrouck (2007).

Struktur mikro pasar memberikan bukti 
penting terhadap tingkah laku pasar dan hubungan timbal balik didalamnya serta menjadi pemeran  utama dalam penemuan harga pasar, O’Hara (1995). Struktur mikro pasar mengandung empat hal  utama yang terdiri dari pembentukan, biaya transaksi dan waktu, struktur dan desain pasar, serta  informasi dan pengungkapan. Giridhar, Idvall and Jonsson (2008). Dalam teori struktur mikro pasar  membahas tiga model pendekatan, yaitu Model persediaan (inventory model approach), Pendekatan  Model berdasarkan informasi (Information based model approach) dan Model strategi transaksi  (Strategic trader model approach). Hasbrouck (2007) menyatakan studi Struktur Mikro Pasar yaitu  “The study of the trading mechanisms used for financial securities” hal tersebut memberikan penjelasan bagaimana suatu harga terbentuk dari berbagai macam struktur dan komponen yang serta  aturan perdagangan oleh berbagai macam pihak, Jelas Lucky Bayu Purnomo Price Discovery atau penemuan harga.

Dalam sidang terbuka tersebut, Lucky Bayu Purnomo menjelaskan, Harga menjadi sebuah informasi  awal bagi para investor, sedangkan Penemuan harga menjadi informasi utama untuk mencapai  keseimbangan dan kesepakatan transaksi. Penemuan harga menjadi bagian dari struktur mikro pasar  memiliki fungsi penyelidikan harga dan price discovery menjadi bagian dari market micro structure  yang merupakan cabang dari ilmu ekonomi, Harris (2004). Penemuan harga adalah proses memasukan  informasi baru ke harga aset yang diperdagangkan di pasar dan menentukan harga keseimbangan  baru, Pathak, Ranajee & Kumar, (2014) hingga price discovery menjadi merupakan proses untuk menemukan harga kesepakatan, Maidhaivain, (2000).

Penemuan harga adalah penyesuaian harga perdagangan terhadap terjadinya penyimpangan harga di  pasar yang berfungsi dengan baik dan efisien, maupun dalam ketidaksempurnaan harga. Penemuan  harga mengungkapkan adanya biaya transaksi, asimetri informasi dan peraturan, informasi baru tidak  akan langsung dimasukkan ke dalam harga itu sendiri. Manfaat penemuan harga, tidak hanya di  bidang keuangan tetapi juga di bidang ekonomi secara umum (Karabiyik, Westerlund & Narayan,  2021).

Proses penemuan harga dan metode transaksi dapat memberikan efek disposisi dalam proses 
verisikasi bahwa semua proposisi akan mempengaruhi jumlah dan nilai transaksi, Easley dan O'Hara  (1992).

Ia menjelaskan, bahwa, proses penemuan harga menguraikan adanya harga dan biaya atas harga 
tersebut. penemuan harga merupakan metode yang memperhitungkan imbal hasil termasuk rasio  penilaian harga, (Campbell, 1987, Fama & French, 1988). Dengan demikian struktur mikro pasar  bertujuan untuk menjelaskan desain pasar dan desain harga agar mencapai penemuan harga, Jelas Lucky Bayu Purnomo, selaku ekonom & Praktisi pasar modal.

Dalam disertasi tersebut, Ia menyimpulkan, bahwa volatility, volume, frequency, momentum, foreign 
net buying yang tersedia di pasar sebelumnya dapat mempengaruhi penemuan harga saham 
perbankan di Bursa Efek Indonesia, maka melalui penelitian ini, ia menjelasakan, bahwa frekuensi dan  momentum harga menjadi informasi utama bagi investor dan pelaku transaksi untuk menentukan  sikap transaksi. Frekuensi harga dan momentum transaksi memberikan pengaruh terhadap  penemuan harga, selanjutnya, pada saat yang sama, ia memberikan kebaruan atau novelty bahwa penemuan harga menjadi awal untuk mencapai keseimbangan harga dan kesepakatan harga transaksi  di bandingkan adanya sentiment foreign net buying.

Adapun penelitian ini di batasi pada emiten perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang  tercatat di papan utama, Sebelumnya Lucky Bayu Purnomo merupakan penulis buku, dengan 
beberapa judul, antara lain Kaya Menjadi Juragan Saham, Menjadi Raja Minyak Dunia, Rahasia Di Balik Pergerakan Harga Saham. Buku buku tersebut Menjelaskan kisah nyata penulis dalam melakukan praktek dan pendekatan transaksi yang fokus terhadap kinerja suatu harga asset.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER