Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Lima Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif; untuk Gaet Pelanggan

Lima Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif; untuk Gaet Pelanggan

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 7 Oktober 2021 | 13:09 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Lima Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif; untuk Gaet Pelanggan

Lima Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif; untuk Gaet Pelanggan

Pahami target market serta layanan dan produk yang ditawarkan sebelum memasarkannya kepada konsumen

Surabaya, Kabarindo- Pemasaran menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan dengan tepat. Setiap pelaku usaha dituntut untuk memahami strategi memasarkan produk dan layanannya agar usaha yang dijalankan dapat berkembang pesat.

Dalam kondisi pandemi saat ini, perilaku masyarakat berubah. Pelaku bisnis harus beradaptasi dengan keadaan. Untuk itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu menggaet pelanggan dan mempertahankannya.

Head of Business Field Marketing Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja, Maria Britta, mengatakan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital. Namun ada beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online. Untuk itu, kita harus memahami target market serta layanan dan produk yang ditawarkan sebelum memasarkannya kepada konsumen.

Berikut 5 strategi efektif untuk memasarkan produk dan layanan guna menggaet konsumen.

1. Lakukan strategi pemasaran yang bervariatif

Jangan terpaku pada satu jenis strategi marketing. Strategi yang variatif dapat membantu sebuah bisnis untuk menggaet dan mempertahankan pelanggan. Strategi pemasaran yang berulang mungkin saja sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.

“Pelaku usaha harus jeli memetakan target konsumennya. Misalnya mengirim newsletter dan email marketing kepada pelanggan secara umum dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” kata Britta.

2. Gunakan sosial media dengan baik

Manfaatkan sosial media untuk mempromosikan sesuatu dan memperluas jaringan bisnis. Anda bisa menggandeng pelanggan, para agen dan resellers. Selalu update konten sosial media anda. Jangan sampai ketinggalan trending dan berita yang sedang berkembang. Pastikan berada di komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis, agar bisa menjaring komunitas bisnis yang sesuai dengan produk yang dipromosikan.

3. Jangan abaikan pemasaran lapangan

Meskipun teknologi memudahkan pemasaran secara online, bukan berarti pelaku usaha dapat mengabaikan strategi pemasaran lapangan atau secara offline. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan sales kanvas yang dapat memberikan visualisasi produk/layanan kepada pelanggan. Interaksi dengan calon pelanggan juga dapat lebih personal dengan menyesuaikan intonansi dan bahasa tubuh.

4. Manfaatkan event marketing

Event merupakan salah satu channel dan medium yang tepat untuk memperkenalkan produk/layanan kepada pelanggan. Event dapat dilakukan secara offline maupun online untuk menciptakan kedekatan emosional dan rasional antara pelanggan dengan produk / layanan. Dengan demikian, peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengonsumsi produk akan sangat besar.

5. Membuat giveaway dan promo

Membuat giveaway dan promosi juga bisa menjadi salah satu cara. Tak hanya dilakukan melalui sosial media, giveaway dan promosi juga dapat dilakukan secara langsung lewat event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan. Manfaatkan acara-acara yang menarik dan cocok dengan produk dan layanan seperti seminar, diskusi publik, pameran maupun pertunjukan musik.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER