Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Leader on Building City: 10 Rekomendasi dalam Memasarkan Kota

Leader on Building City: 10 Rekomendasi dalam Memasarkan Kota

Ekonomi & Bisnis | Sabtu, 27 Mei 2023 | 21:34 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Leader on Building City: 10 Rekomendasi dalam Memasarkan Kota

Leader on Building City: 10 Rekomendasi dalam Memasarkan Kota

Surabaya, Kabarindo- Indonesia Marketing Association (IMA) dalam rangkaian Rakernas telah menghadirkan Studium Generale (Kuliah Umum) di hadapan lebih dari 1.200 orang. Mereka dari pengurus IMA seluruh Indonesia yang berjumlah 200 orang dari 100 Chapter dan mahasiswa seluruh Padang.

“Dalam memajukan daerahnya, setiap Kepala Daerah harus bisa memasarkan daerah masing-masing dengan cara inovatif yang positif dan menarik. Bila Kepala Daerah memiliki jiwa entrepreneur, sangat mendukung keberhasilan usaha mereka, baik walikota, bupati maupun gubernur,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Dr. Audy Joinardy.

Wagub yang juga pengusaha itu menambahkan, saat ini kita bersaing di tingkat lokal maupun internasional. Kuncinya, bagaimana setiap daerah bisa mendatangkan investor atau wisatawan. Jika ini bisa dilakukan, maka kita akan berhasil untuk memasarkan sekaligus membangun kota dan masyarakatnya.

President IMA Pusat, Suparno Djasmin, mengatakan IMA mendukung berbagai program Chapter IMA di masing-masing provinsi, termasuk di Sumbar, agar bisa membantu progrom pemerintah daerah untuk memasarkan wilayahnya ke luar kota bahkan ke luar negeri.

“IMA sebagai organisasi yang terdiri dari kalangan pengusaha, profesional, pemerintah dan akademisi, bertujuan memasyarakatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, pemerintah, pelaku bisnis, profesional, akademisi dan publik akan pentingnya menerapkan konsep dan strategi pemasaran dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Suparno menambahkan, tujuan berikutnya menggalang dialog dan kerja sama dengan asosiasi pemasaran, lembaga akademisi dan pakar-pakar di bidang pemasaran di kalangan nasional dan internasional.

“Ilmu pengetahuan, harus senantiasa diperbarui agar relevan dengan kebutuhan zaman. Kita harus mengadaptasikan ilmu dan pola pikir agar bisa tetap relevan dan menjadi kreatif dan inovatif, sehingga bisa memenangkan persaingan di pasar,” ujarnya.

Co-Founder IMA, Hermawan Kartajaya, mengatakan dalam diri seorang pemasar diperlukan dasar-dasar komunikasi seperti kejujuran, kerja keras, punya keahlian komunikasi dan jiwa sinergi yang akhirnya mampu berkolaborasi.

“Seorang leader harus mampu mengarahkan kebijakan wilayahnya. Dia harus kreatif, produktif, jujur, adil dan memiliki program yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Dari berbagai sambutan dan presentasi dari narasumber di acara tersebut, ada 10 rekomendasi bagi calon pemimpin daerah atau pemimpin daerah dalam memasarkan daerah mereka.

1. Punya jiwa kejujuran dan dedikasi untuk membangun masyarakat dalam jangka panjang.

2. Selalu meng-update pengetahuan dengan kondisi kekinian, sehingga melahirkan strategi dan program yang tepat dan dibutuhkan masyarakat.

3. Menentukan program prioritas yang berdampak luas bagi masyarakat.

4. Menjalankan program sesuai dengan tingkat kebutuhan serta waktu yang sudah ditentukan.

5. Mengukur keberhasilan program dengan indikator yang jelas serta memperbaikinya dengan mempertimbangkan masukan dari pihak yang berkompeten.

6. Memiliki jiwa kolaborasi yang positif agar mampu bersinergi dan menyatukan berbagai bidang, seperti dinas dan instansi lain dalam mengembangkan program prioritas.

7. Berjiwa pantang menyerah untuk setiap program yang dijalankan sampai menghasilkan dampak yang signifikan bagi pemangku kepentingan.

8. Menyosialisasikan program dengan menggunakan berbagai channel komunikasi, seperti social media, sehingga informasinya dapat cepat tersebar luas dengan baik serta dimengerti masyarakat.

9. Mengembangkan program yang sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti mengembangkan pasar yang sehat sebagai tempat bertemunya supply dan demand serta menggerakkan UMKM, di samping aktivitas komunitas di berbagai bidang

10. Selalu gencar memasarkan berbagai program dalam investasi daerah ataupun wisata kepada para calon investor maupun wisatawan.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER