Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > KTT Virtual Pemimpin APEC 2021 Fokus pada Pemulihan Pandemi

KTT Virtual Pemimpin APEC 2021 Fokus pada Pemulihan Pandemi

Internasional
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
KTT Virtual Pemimpin APEC 2021 Fokus pada Pemulihan Pandemi

KABARINDO, WELLINGTON -- Selandia Baru menjadi tuan rumah Pekan Pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang berlangsung sepenuhnya secara daring sejak tanggal 8 hingga 12 November 2021. Para pemimpin kelompok perdagangan Asia-Pasifik APEC akan fokus pada pemulihan ekonomi kawasan dari pandemi virus corona, penekanan dukungan rantai pasokan dan dekarbonisasi ekonomi.

"Pertemuan ini akan fokus pada memetakan jalan menuju pemulihan dari krisis sekali dalam satu abad ini," kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dalam sebuah pernyataan resminya.

Pembicaraan awal akan diadakan antara menteri perdagangan dan luar negeri dari kelompok ekonomi 21, yang meliputi Amerika Serikat, China dan Rusia, sebelum para pemimpin negara bertemu secara online pada Jumat malam, 12 November 2021.

Ekonomi anggota APEC menyumbang sekitar 38% dari populasi dunia dan lebih dari 60% dari produk domestik brutonya. “Bersama-sama kami terus menjaga agar rantai pasokan tetap berfungsi dan mendukung perdagangan pasokan medis penting – termasuk alat uji, APD, dan sekarang vaksin,” kata Ardern. Anggota APEC berjanji pada pertemuan khusus pada bulan Juni lalu untuk memperluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19 dan menghilangkan hambatan perdagangan untuk obat-obatan.

Dalam konferensi pers pada hari Senin, Ardern mengakui bahwa mengadakan acara penting ini secara virtual berarti negara tersebut kehilangan kesempatan untuk membuat gebrakan besar.

“Ini artinya kemampuan kami untuk menempatkan Selandia Baru di panggung dunia tidak bisa seperti bila kami mengadakan acara langsung,” kata Ardern, menambahkan bahwa pertemuan tatap muka memungkinkan partisipasi yang lebih baik dari para pemimpin bisnis.

Selandia Baru memutuskan untuk mengadakan Pekan Pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik secara daring berkat kebijakan garis kerasnya dalam menanggapi pandemi, yang salah satunya adalah dengan menutup perbatasan internasional mereka bagi hampir semua pelancong selama 18 bulan.

Pertemuan pemimpin APEC ini berlangsung dalam bayang-bayang KTT G20 di Roma dan pertemuan iklim COP26 di Glasgow, keduanya dihadiri secara langsung oleh para pemimpin. ***


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER