Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Kreasi Bekal Makanan Si Kecil Yang Praktis dan Bergizi

Kreasi Bekal Makanan Si Kecil Yang Praktis dan Bergizi

Gaya hidup | Senin, 21 November 2022 | 22:16 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Kreasi Bekal Makanan Si Kecil Yang Praktis dan Bergizi

Kreasi Bekal Makanan Si Kecil Yang Praktis dan Bergizi

Surabaya, Kabarindo - Masa sekolah anak adalah waktu yang dinantikan para orang tua dan cukup mendebarkan. Selain melepas anak untuk berkegiatan di luar pengawasan, soal kesehatan juga pasti sangat diperhatikan, khususnya bagi para ibu.

Jenis dan kandungan makanan yang dikonsumsi anak saat di sekolah menjadi pertimbangan ibu setiap hari. Sehingga membawakan bekal makanan ke sekolah merupakan alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan si kecil.

Membawa bekal dari rumah banyak manfaatnya, karena terjaga kebersihan bahan makanannya. Ibu juga bisa menghitung kecukupan gizi untuk memenuhi kebutuhan energi si kecil seharian di sekolah, dan tentunya menjadi cara sederhana dalam mendisiplinkan diri menghemat pengeluaran setiap hari.

Putri Lukman, Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia, mengatakan pada masa sekolah ini banyak yang harus dipertimbangkan dan disiapkan orang tua, khususnya ibu. Mulai dari seragam sekolah, buku, transportasi hingga bekal makanan si kecil. Menyiapkan bekal makanan memang terdengar mudah, tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Ibu harus cerdas mengkreasikan bekal sekolah yang menarik, nikmat dan sehat.

“Kami berharap dapat membantu dan memudahkan ibu untuk menciptakan ide kreasi bekal anak yang praktis, bergizi dan menyenangkan,” ujarnya pada Senin (21/11/2022)

Berikut ini tips untuk kreasi bekal anak yang praktis dan membuat anak tertarik untuk segera menghabiskannya.

Pilih kotak bekal yang menarik. Letakkan setiap komponen di bagian yang terpisah

Setiap makanan memiliki rasa yang berbeda. Usahakan meletakkan beberapa jenis makanan tersebut di tempat terpisah dengan memakai kotak bekal banyak sekat. Di mana letak untuk menaruh nasi, lauk hingga sayur. Sekat-sekat dalam wadah bekal ini berfungsi agar tiap menu tidak tercampur, sehingga cita rasa makanan terjaga.

Berbagai pilihan lunch box set dengan jumlah sekat yang berbeda, mangkok sup hingga tas bekal menarik bisa membuat si kecil senang. Pastikan kotak bekal terbuat dari bahan yang layak dan aman dipakai. Bisa dicek apakah ada label food grade dan BPA free pada kotaknya. Juga pilih yang kedap udara dan tidak mudah bocor.

Pastikan gizi makanan tercukupi, porsi boleh sedikit tapi beragam

Isian bekal tidak perlu banyak, yang penting beragam. Bekal makanan memiliki kandungan gizi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Semua nutrisi bisa jadi satu dalam kotak bekal, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur dan buah. Misalnya nasi putih dengan nugget ayam, tempe bacem, sayur bayam dan buah semangka. Bila perlu sertakan susu atau snack sebagai pelengkap.

Penting bagi ibu untuk menanyakan menu yang disukai si kecil sebelum membuat bekal makanan untuknya. Hal ini akan mempermudah dalam menyiapkan bekal. Pilihan bahan makanan praktis yang bisa diolah menjadi bekal sekolah di antaranya daging olahan, daging ayam, pasta, ikan dan keju. Untuk memperkaya rasa makanan, ibu bisa menambahkan bumbu atau perasa yang disukai seperti saus tiram, rumput laut.

Buatlah kreasi karakter favorit

Bekal makanan haruslah menyehatkan dan disukai anak supaya dikonsumsi dengan lahap. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya menghias bekal dengan tokoh karakter favorit si kecil mulai dari makanan sampai peralatannya. Ibu juga bisa mendekorasi bekal anak dengan hiasan yang menyerupai hewan, pemandangan atau wajah. Si kecil pasti senang dan bangga bisa membawa bekal dengan dekorasi yang indah dilihat oleh teman-temannya.

Upaya untuk meningkatkan semangat anak tidak hanya melalui dekorasi bekal. Cara lainnya adalah memberikan sentuhan makanan penutup. Baked Cookies dapat menjadi pilihan dessert yang mudah dibawa.

Hiasi bekal menggunakan cetakan, garpu & tusuk gigi karakter

Nampak sepele, tetapi peralatan yang mempermudah untuk mengkreasikan bekal membuat makanan jadi lebih menarik. Seperti cetakan nasi, cetakan roti dan cetakan nori. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari hewan, buah, segitiga, persegi hingga karakter kartun. Tusukan makanan atau food picks juga berguna untuk meringkas lauk dan buah. Bentuknya yang beragam bisa membantu menusuk nugget, sandwich, buah, sayuran rebus agar tidak bergeser.

Siapkan bekal dengan matang

Mempersiapkan bekal bukan hal mudah, mulai dari menyusun menu yang sehat namun digemari oleh si kecil hingga proses dalam memasak setiap hari. Sekarang banyak cara efektif dan efisien yang dihadirkan melalui inovasi produk. Bangun semangat pada pagi hari dengan sarapan enak untuk anda. Roti dan berbagai varian selai seperti Peanut Butter dan Chocolate Spread bisa menjadi pilihan untuk sarapan yang mudah dan sehat.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER