Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Kota Solo; Punya Tong Sampah Hias

Kota Solo; Punya Tong Sampah Hias

Iptek | Senin, 19 Maret 2018 | 06:01 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Kota Solo; Punya Tong Sampah Hias

SOLO, Kabarindo- Puluhan tong bekas disulap menarik menjadi tong sampah oleh siswa-siswi Islam Al Firdaus Solo, Jawa Tengah.

Para siswa mewarnai tong bekas itu dengan ragam cat warna. Kegiatan membuat tong bekas menjadi tong sampah siap pakai itu dilakukan bertepatan dengan hari jadi Yayasan Al Firaus ke-21 yang dipusatkan dalam Al Firdaus Festival 2018 di Benteng Vastenburg Solo pada Ahad (18/3) kemarin.

Ketua OSIS SMA Islam Al Firdaus, Ilham Edgar Fadhila Candra mengatakan hasil pembuatan tong sampah hias itu akan disumbangkan untuk mushala yang ada di Solo.

Untuk membuat tong sampah hias itu, siswa dibagi ke dalam tujuh kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai tujuh orang.

"Kami ingin memberikan tong sampah ini ke mushala yang belum punya, atau mengganti tong sampah yang sudah rusak agar tak ada yang buang sampah sembarangan di sekitar mushala," ujar Ilham kepada Republika.co.id.

Bahan dasar tong cat bekas diperoleh siswa dari hasil pengumpulan di lingkungan sekitar sekolah. Panitia juga menyediakan cat warna untuk siswa yang ingin bergabung mengikuti kegiatan membuat tong sampah hias.

Selain tong sampah hias, siswa Al Firdaus juga antusias mengikuti pembuatan kaligrafi. Berbeda dengan pembuatan tong hias yang dilakukan dengan berkelompok, pembuatan kaligrafi diperuntukan bagi tiap individu.

Masing-masing siswa dibimbing memuat dan menghias kaligrafi hasil buatannya dengan cat khusus yang telah disiapkan. Sama seperti pembuatan tong sampah hias, kaligrafi itu pun rencanaya akan disumbangkan ke mushala.

"Untuk kegiatan ini kami libatkan dari SMP dan SMA Al Firdaus, memang tak semuanya ikut karena sebagian panitia di HUT Al Firdaus banyak yang mengikuti kegiatan lain. Dengan berbagi hasil karya ini semoga bermanfaat," kata Ilham.

Dalam Al Firdaus Festival 2018, berbagai stan menyuguhkan ragam pameran ala yayasan Al Firdaus.Diantaranya terdapat stan sains dan matematika dimana pengunjung dapat bermain sambil belajar tentang dunia sains melalui berbagai alat peraga yang disediakan.

Selain itu terdapat juga stan yangmemajang berbagai buku-buku ensiklopedi Islam dunia untuk menambah wawasan pengunjung tentang khazanah keislaman. Festival Al Firdaus 2018 juga semakin semarak dengan peluncuran buku I Love Al Firdaus, sebuah buku yang ditulis para pengajar dan orang tua siswa tentang Al Firdaus.

Tak hanya itu, dalam kesempatan itu Al Firdaus juga resmi meluncurkan Al Firdaus World Class Islamic School yang bekerja sama dengan international Baccalaureate, Swiss seperti dilansir dari laman republikaonline.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER