Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Korsel Memaafkan Mantan Presiden Park Geun-Hye

Korsel Memaafkan Mantan Presiden Park Geun-Hye

Internasional
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Korsel Memaafkan Mantan Presiden Park Geun-Hye

KABARINDO, SEOUL – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah mengampuni mantan Presiden Park Geun-hye, yang menjalani hukuman penjara 22 tahun karena skandal korupsi besar-besaran.

Dia adalah pemimpin pertama yang dipilih secara demokratis di negaranya yang dipaksa turun dari jabatannya.

Pada tahun 2018, setahun setelah dia dimakzulkan, wanita berusia 69 tahun itu dihukum karena dinyatakan bersalah atas 16 dari 18 dakwaan penyalahgunaan kekuasaan dan pemaksaan.

Pengadilan memutuskan bahwa dia telah berkolusi dengan teman dekatnya, Choi Soon-sil, untuk menekan konglomerat seperti raksasa elektronik Samsung dan jaringan ritel Lotte agar memberikan jutaan dolar kepada yayasan yang dijalankan oleh Choi.

Selain itu, Park dinyatakan bersalah karena membocorkan dokumen rahasia kepresidenan kepada teman lamanya.

Mantan pemimpin itu selalu membantah melakukan kesalahan.

Park awalnya dijatuhi hukuman total 30 tahun penjara dan denda 20 miliar won (Rp239 miliar lebih), tetapi pengadilan tinggi kemudian mengurangi denda dan hukuman menjadi 15 tahun untuk korupsi, dengan lima tahun lagi karena penyalahgunaan kekuasaan.

Seluruh urusan itu memicu banyak protes massa di Korea Selatan - banyak di antaranya meminta Park untuk mundur - karena mengungkap hubungan gelap antara eselon politik paling atas dan kepala konglomerat di Korea Selatan.

Kasus Park juga membuka jalan bagi Moon Jae-In yang liberal untuk berkuasa setelah Park, saat ia berkampanye dengan janji untuk membasmi korupsi di jabatan tinggi, kata Koresponden BBC di Seoul, Laura Bicker.

Korsel Memaafkan Mantan Presiden Park Geun-Hye

(Foto: Mantan PM Korsel Han Myeong-sook)

Keputusan Tak Terduga

Pengumuman pengampunan Park itu mengejutkan karena Presiden Moon Jae-in sebelumnya mengesampingkan grasi untuknya.

Outlet berita lokal Yonhap mengatakan Park, yang termasuk di antara penerima amnesti khusus Mr Moon untuk tahun baru, telah ditempatkan dalam daftar karena kesehatannya yang buruk.

Park telah dirawat di rumah sakit tiga kali tahun ini karena bahu kronis dan nyeri punggung bawah.

Perdana Menteri wanita pertama Korea Selatan Han Myeong-sook, yang menjalani hukuman penjara dua tahun dari 2015-2017 karena penyuapan, juga dilepaskan dari segala tuduhan oleh pemerintah pada hari Jumat (24/12). ***(Sumber: BBC; Foto: Taiwan News, Indian Express)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER