Kompetisi IEL University Super Series Season 3; Masuki Babak Grand Final

Kompetisi IEL University Super Series Season 3; Masuki Babak Grand Final

Kompetisi IEL University Super Series Season 3; Masuki Babak Grand Final

Siap digelar secara online, mempertandingkan game Dota 2 dan PUBGM

Surabaya, Kabarindo- IEL University Super Series telah memulai season ketiga dengan total 32 kampus yang berpartisipasi. Ini merupakan kompetisi esports tingkat universitas, yang didukung oleh Tencent Indonesia dan Indonesia Esports Association (IESPA).

Tim-tim yang berhasil lolos akan berkompetisi dalam babak Grand Final yang siap diselenggarakan secara online, yang mempertandingkan game Dota 2 dan PUBGM. Babak penyisihan untuk penentuan perwakilan dari masing-masing kampus dalam kompetisi IEL University Super Series Season 3 berlangsung pada Oktober hingga Desember 2020 lalu. Setelah itu diadakan penyisihan tim kampus dalam babak Group Stage dan Playoff mulai 19 Januari 2021. Tim-tim yang telah terpilih akan berkompetisi dalam Grand Final pada 29-30 Mei 2021 mendatang.

Para penyelenggara IEL University Super Series menyambut antusias kompetisi ini meski di tengah pandemi Covid-19. Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS, mengatakan kompetisi ini merupakan bagian dari komitmen pihaknya untuk mendukung esports di tanah air dengan mengembangkan bakat para pecinta esports.

Kami percaya dengan persiapan matang, pembinaan yang tepat dan penyelenggaraan kompetisi berkualitas seperti ini akan mendorong terbentuknya tim-tim e-sports di kampus-kampus sejak dini dengan harapan panjang ke depannya Indonesia memiliki tim e-sports berkualitas yang siap berkompetisi di kancah internasional, ujarnya.

Oliver Ye, PUBG MOBILE South East Asia Director, menambahkan ia melihat potensi besar di industri esports, di mana popularitas yang semakin meningkat dan tingginya minat terhadap game online menunjukkan bahwa esports semakin diterima oleh masyarakat di Indonesia. Karena itu, pihaknya mendukung penuh perkembangan ekosistem gaming dan industri esports di tanah air dengan mengajak gamers dan komunitas pecinta esports untuk mengasah skill dan talenta, salah satunya melalui kompetisi esports bergengsi IEL University Super Series Season 3 dengan menggandeng IESPA yang memiliki pengalaman panjang. dalam menyelenggarakan event olahraga esports nasional dan internasional.

Menurut Eddy Lim, Ketua Umum IESPA, perjuangan panjang para tim hingga ke Grand Final merupakan momen dan prestasi yang patut dibanggakan. Ia berharap semakin banyak pemain berbakat bermunculan melalui ajang kompetisi esports seperti ini.

Daftar 4 kampus yang lolos hingga ke Grand Final untuk game Dota 2 yaitu Universitas Diponegoro, Binus University, Universitas Surabaya dan Universitas Gadjah Mada. Sedangkan 16 kampus yang lolos untuk kompetisi game PUBGM adalah Universitas Gunadarma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Pertanian Bogor, Universitas Tanjungpura, Universitas Andalas, Telkom University, Universitas Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bunda Mulia, Universitas Ciputra, Universitas Pendidikan Indonesia, UPN Veteran Jatim dan STMIK Pontianak.

Perhelatan kompetisi IEL University Super Series Season 3 didukung oleh Super Challenge sebagai Official Main Sponsor, Vidio sebagai Official OTT Platform dan Bukalapak sebagai Official E-Commerce Partner.

Dhanny Winata Hoeniarto, perwakilan dari Super Challenge, melihat pertumbuhan esport yang pesat di Indonesia. Maka diperlukan wadah terbaik bagi generasi muda yang ingin menekuni bidang esports dengan serius.

Kami berharap dukungan partisipasi Super Challenge dalam penyelenggaraan kompetisi IEL University Super Series Season 3 ini akan membuka jalan bagi mereka yang berani menerima tantangan untuk mengasah bakat di bidang esports, sehingga nantinya dapat menjadi juara di berbagai ajang kompetisi,” katanya.

Hermawan Sutanto, Deputy CEO Vidio, mengatakan Vidio berharap industri esports di tanah air semakin maju selaras dengan dukungan Vidio yang berkomitmen menyediakan konten-konten esports yang menarik dan berkualitas. Ia menambahkan, kerja sama Vidio dengan IEL merupakan bentuk komitmen dalam memajukan industri esports tanah air, terutama dalam lingkup pendidikan.

Dengan perkembangan industri esports saat ini, IEL merupakan sebuah bentuk konsistensi Vidio untuk tetap terus menyediakan konten-konten esports yang menarik dan berkualitas bagi masyarakat, khususnya bagi gamers dan komunitas esports di Indonesia. IEL juga menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan aspirasi generasi muda di industri esports. Diharapkan industri esports Indonesia akan semakin maju,” katanya.

Gelaran acara Grand Final akan semakin semarak dan berbeda karena kehadiran para bintang tamu spesial, seperti Coki Pardede, Tretan Muslim, Rymot, Akira Kimura, Hiroaki Kato dan Shojo Complex.

Penulis: Natalia Trijaji