Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Komisi VII DPR RI Sebut Panas Bumi Punya Potensi di Sektor Pariwisata

Komisi VII DPR RI Sebut Panas Bumi Punya Potensi di Sektor Pariwisata

Ekonomi & Bisnis
Oleh : amritawa

BAGIKAN :
Komisi VII DPR RI Sebut Panas Bumi Punya Potensi di Sektor Pariwisata

KABARINDO, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI, Diah Nurwitasari, berharap sumber energi terbarukan bisa menjadi lokasi sektor pariwisata.

Sumber enerti terbarukan yang dimaksud adalah potensi geothermal atau tenaga panas bumi sebagai wisata air panas.

Opini Diah ini disampaikan setelah Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan ke Sulawesi Utara pada 8 Desember 2021.

Dalam kunjungan tersebut juga melibatkan unsur Kementerian ESDM dan PGE terkait area panas bumi yang terdapat di daerah Lahendong, Tomohon, Sulut.

"Sebetulnya air panas ini juga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk membangun wisata air panas," kata Diah dalam rilis yang dilansir oleh Antara.

Diah menambahkan bahwa pemerintah harus bersinergi dengan swasta untuk menggali potensi pariwisata panas bumi di Indonesia.

Dengan demikian, laju investasi akan meningkat begitu juga dengan peningkatan kapasitas energi terbarukan yang lebih terjangkau. 

"Meskipun bekerja sama dengan swasta harus dengan keberpihakan yang sungguh-sungguh dari pemerintah untuk menjaga kepentingan utamanya karena sumber energi baru terbarukan untuk wisata air panas bisa menjadi sesuatu yang terjangkau dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," jelasnya.

Menyoal panas bumi, Komisaris Utama Pertamina Persero, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan pihaknya telah mengajak PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk memanfaatkan geothermal untuk mencapai misi Net Zero Emission 2060.

Pria yang akrab disapa Ahok tersebut mengatakan bahwa panas bumi akan dikembangkan sebagai sumber energi masa depan untuk Indonesia.

Sumber: Antara

Foto: Matt Palmer on Unsplash


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER