TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Berita Utama > KAMI Beri Penyuluhan SEC Ramah Anak; Awesome..!

KAMI Beri Penyuluhan SEC Ramah Anak; Awesome..!

Berita Utama
Oleh : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
KAMI Beri Penyuluhan SEC Ramah Anak; Awesome..!

SEC Yang Ramah Anak Sesuai usia dan kepentingannya

Rorotan, Cilincing, Jakarta, Kabarindo- Koalisi Anak Madani Indonesia dalam hal ini Ketua Umumnya Ir.Fachrul Muchsen yang kerap disapa Kak AL diundang oleh Pusat Informasi Konseling Remaja - PIKR SMAN 115 Rorotan Cilincing Jakarta Utara tadi siang dihadapan 100an anak didik kelas 10 dan 11 raih penyuluhan bertajuk SEC - Sex Education Comprehensif yang awalnya berjudul Seks Bebas dan fenomenanya pada remaja serta kenakalan remaja.

"SEC ramah anak artinya perspektif yang dikedepankan sesuai usia dan tetap saja ada moral dan nilai-nilai edukasi jadi tidak lagi menyebut Seks Bebas. Artinya penyuluham fenomena Seks Bebas sudah usang dan berganti dengan SEC yang makin luas dari sisi penjabaran. Saya mendahului dengan respect akan tubuh sendiri dan organ intim tidak sekedar memperkenalkan sistem reproduksi belaka. Pendidikan Seks yang sesuai dengan nalar.anak dan secara menyeluruh tanpa ada yang ditabukan karena toh mereka.sudah tahu dari.internet, " papar kak Arul saat mengawali penyuluhan SEC tadi siang, Senin (2/3).

Dalam sebuah survei di Sex Education Forum (Inggris), seperempat remojc perempuan sudah mengalami menstruasi sebelum mendapat pengetahuan di sekolah.  Pendidikan seksualitas komprehensif untuk pra remaja (10-14 tahun) itu penting karena pada usia inilah terjadi transisi kunci dari masa kanak-kanak ke remaja. Perspektif.ini dari PKBI dan Kak AL.juga presentasikan slide demi slide.

Konsep penting seperti menghargai dan otoritas tubuh dapat meningkatkan keamanan anak karena ia belajar mengenali dan melaporkan kekerasan apabila.ia alami sehingga rasa.respect itu penting tidak sekedar budaya malu. Banyak remaja yang tidak mengetahui tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas. Padahal remaja juga menghadapi lingkungan yang penuh risiko. Mulai dari kehamilan tidak diinginkan, aborsi tidak aman, sampai infeksi menular seksual.

Dalam rangka turut mengatasi persoalan ini, Rutgers WPF menyiapkan serangkaian program yang saling terkait dalam upaya memberikan pendidikan kesehatan dan seksualitas bagi remaja. Berkolaborasi dengan guru-guru SMP dan SMA untuk bersama-sama membekali remaja agar dapat menghindari risiko di usia dini dan menjadi agen perubahan bagi teman sebayanya.

Pendidikan Seksualitas Komprehensif Bagi Anak dan Remaja adalah solusi atasi kenakalan remaja yang cenderung tidak didiskusikan dengan baik. Solusi yamg tepat untuk berbagai tantangan dan permasalahan remaja adalah dengan memberdayakan melalui pendidikan seksualitas komprehensif. Seksualitas bukan melulu tentang seks, namun juga terkait dengan kesehatan, merasa nyaman dengan tubuh sendiri, hingga menghargai hak orang lain.

Oleh sebab itu, komprehensif artinya menyangkut berbagai aspek mengenai manusia dan dilakukan dengan berbagai pendekatan kreatif yang disesuaikan dengan kebutuhan remaja sesuai tingkatan usia. Oleh sebab itu, penting untuk mengemas pengetahuan tersebut agar menarik perhatian remaja, disukai, dan pada akhirnya mampu mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku menjadi berorientasi kepada kesehatan dan menghargai orang lain.

 

Awesome.....

(Dari Berbagai Sumber dan PKBI)


RELATED POSTS


Home Icon