Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Kakorlantas Sebut Arus Lalin di Malam tahun Baru Landai

Kakorlantas Sebut Arus Lalin di Malam tahun Baru Landai

Hukum & Politik | Jumat, 31 Desember 2021 | 23:44 WIB
Editor : amritawa

BAGIKAN :
Kakorlantas Sebut Arus Lalin di Malam tahun Baru Landai

KABARINDO, JAKARTA - Berbeda dari tahun sebelumnya, polisi menilai masyarakat kali ini lebih bisa menahan diri untuk bepergian jauh selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Hal ini diungkapkan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi yang menyebut arus lalu lintas di malam tahun baru masih normal. Dia pun mengapresiasi masyarakat karena telah meminimalisir mobilitas.

“Alhamdulillah kerja sama masyarakat, sampai hari ini dari data yang kita lihat di posko tidak terlalu menunjukkan angka  yang signifikan. Ada peningkatan di antara hari-hari sebelumnya, tapi masih dalam batas normal,” ujar Firman saat meninjau pos PAM Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Firman juga meninjau arus lalin dari arah Jakarta menuju Gadog terkait Operasi Lilin 2021. Dia bilang, prediksi peningkatan arus lalin akan terjadi di malam pergantian tahun nanti.

“Memastikan pengaturan yang sudah disiapkan oleh jajaran, khususnya di Polres Bogor, ini hanya prediksi. Sekaliagi ini, hanya prediksi bahwa karena tahun baru itu akan terjadi nanti malam,” ucapnya.

Selanjutnya, Firman mengaku bakal kembali ke Jakarta. Nantinya, Firman akan mengecek jajaran Polda Metro Jaya terkait pengamanan dan pelayanan malam tahun baru di Ibu Kota.

Lebih lanjut, dia pun mengimbau semua pihak agar selalu menaati protokol kesehatan. Dia juga mengapresiasi masyarakat yang merayakan malam tahun baru di rumah.

“Sekali lagi, saya juga mengapresiasi warga masyarakat yang akan merayakan tahun baru bersama keluarga di rumah,” kata Firman.

“Tetap menjaga protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, jangan berada pada kerumunan yang banyak untuk waktu yang cukup panjang,” lanjut dia.

Arus Natal juga landai

Berbeda dari tahun lalu, situasi arus balik libur Natal tahun ini cenderung masih melandai. Hal ini diutarakan oleh Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan saat memantau arus balik lalu lintas libur Natal dalam Operasi Lilin 2021.

Menurut Aan, situasi lalin di ruas tol maupun arteri dari Cirebon hingga Semarang terpantau landai.

“Sesuai dengan prediksi, arus balik untuk libur Natal kami lihat mulai dari Cirebon sampai Semarang, bahkan sebaliknya hingga ke Jakarta, situasi arus lalu lintas masih landai,” ujar Aan saat ditemui di Pos Pelayanan Terpadu, Gate Tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (26/12).

Selain itu, Brigjen Aan menyebut tidak ada temuan kasus kecelakaan yang menonjol. Dia bilang, hanya ada beberapa kasus kecelakaan di luar tol di sejumlah daerah. Namun dengan korban yang tak signifikan dan masih selamat.

Baca Juga: Tingkat Keamanan Trenggalek Turun Selama Pandemi Covid-19

Baca Juga: TMII Gandeng TNI-Polri Awasi Prokes Pengunjung

“Alhamdulillah secara umum untuk di Indonesia, pengamanan Nataru terutama libur Natal tahun ini di samping arus lalu lintas lancar, kejadian kecelakaan juga Alhamdulillah masih bisa ditangani,” ucapnya.

Lebih lanjut, Aan pun bersiap menyambut arus libur tahun baru. Dia menegaskan telah menyiapkan sejumlah antisipasi terkait Kamseltibcarlantas.

“Antisipasi arus balik kemungkinan setelah libur tahun baru berkisar tanggal 2 Januari 2022. Kita siap dengan antisipasi dengan hal terburuk serta skema rekayasa lalin yang sudah kita siapkan kita terapkan,” kata dia.

Sebagai informasi, Brigjen Aan melakukan patroli pengamatan wilayah sejak Jum’at (24/12) lalu. Aan dan jajaran menyusuri ruas tol dan arteri hingga ke sejumlah tempat objek wisata.

Adapun Operasi Lilin tersebut bakal dilakukan hingga 2 Januari 2022 mendatang. Operasi Lilin dilakukan guna memastikan kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022.

Sumber/Info: Divisi Humas Polri


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER