Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Kakorlantas : Mulai Tahun Ini, Kendaraan Baru Pribadi Plat Nomor Berganti Warna Dasar dari Hitam ke Putih

Kakorlantas : Mulai Tahun Ini, Kendaraan Baru Pribadi Plat Nomor Berganti Warna Dasar dari Hitam ke Putih

Hukum & Politik | Selasa, 14 Juni 2022 | 05:40 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Kakorlantas : Mulai Tahun Ini, Kendaraan Baru Pribadi Plat Nomor Berganti Warna Dasar dari Hitam ke Putih

KABARINDO, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Santhyabudi mengatakan, mulai tahun ini, pergantian warna dasar pelat nomor hitam menjadi putih bagi kendaraan pribadi akan berlangsung secara bertahap.

"Insyaallah tahun ini, jadi bulan Juni ini sudah naik lelang kita akan terapkan mulai tahun ini," ujar Firman dalam keterangannya, Senin (13/6/2022).

Lebih lanjut, Firman menuturkan, nantinya, kendaraan yang sudah habis masa pelatnya selama lima tahun tidak akan diperpanjang. Namun, akan dikenakan biaya denda seperti biasa dan langsung berganti warna pelat menjadi putih.

"Hanya dikenakan wajib bagi kendaraan baru dan yang habis masa lima tahun kemarin. Jadi tidak ada membebani masyarakat yang plat hitam harus jadi putih, karena ada biaya disitu," terangnya.

"Jadi dengan dasar warna terang dengan huruf warna gelap itu lebih menonjol. Di beberapa negara sudah menerapkan. Kita sudah ada waktu itu CD dan angkutan umum. Tingkat akurasi nya lebih tinggi," ucap Firman menambahkan.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Polri menargetkan pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dengan warna dasar putih mulai berlaku sejak pertengahan Juni 2022 ini. Pasalnya, sejumlah pelat nomor kendaraan bermotor berwarna putihi sudah didistribusikan ke jajaran Polda pada awal Juni ini.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes M Taslim Chairuddin mengatakan, material TNKB warna putih sudah dinyatakan selesai. Pihaknya kini tengah mendistribusikan ke jajaran Polda yang ada.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER