Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Iptek | Minggu, 20 Februari 2022 | 19:31 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Embun pada kaca mobil terjadi akibat tingkat kelembaban di luar yang tinggi serta adanya perbedaan suhu di luar dan di dalam kabin mobil

Surabaya, Kabarindo- Saat musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika berkendara. Selain berhati-hati karena jalanan yang licin, kita juga perlu memperhatikan jarak pandang saat berkendara.

Anda mungkin sering mengalami kaca mobil menjadi berembun ketika berkendara saat hujan. Penyebabnya bisa beragam. Yang paling sering terjadi adalah terdapat masalah suhu di dalam kabin yang mengindikasikan adanya masalah pada AC mobil.

Embun pada kaca mobil terjadi akibat tingkat kelembaban di luar yang tinggi serta adanya perbedaan suhu di luar dan di dalam kabin mobil. Kaca mobil yang berembun dapat mengganggu jarak pandang ketika berkendara, terlebih saat sedang hujan.

Carsome memberikan tips untuk mengatasi kaca mobil yang berembun.

Turunkan temperatur di dalam kabin mobil

Embun pada kaca mobil terjadi karena perbedaan suhu di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, anda dapat menurunkan temperatur di dalam kabin mobil, sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

Manfaatkan fitur Defrost/Defogger di mobil

Jika mobil anda dilengkapi dengan fitur Defrost/Defogger, anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, gunakan fitur defogger.

Resirkulasi udara dalam mobil

Salah satu cara mengatasi embun pada kaca mobil adalah menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun. Fungsi resirkulasi udara ini tidak perlu digunakan dalam jangka waktu lama. Jika embun sudah menghilang, anda bisa menonaktifkan fitur ini.

Menyalakan AC dan wiper

Embun tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin juga memungkinkan spot-spot embun terbentuk pada kaca. Anda bisa mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC, sehingga dapat mengurangi embun yang terbentuk pada kaca. Anda juga bisa menggunakan wiper dalam untuk menyeka embun yang terbentuk pada kaca mobil. Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan agar tidak mengganggu penglihatan saat berkendara.

Membuka jendela

Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun yang terbentuk pada kaca mobil adalah dengan membuka jendela mobil. Bukalah jendela sampai embun menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER