Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Jual Foto Selfie di NFT Senilai Rp12,6 Miliar, Ghozali Awalnya Tawarkan Rp42 Ribu

Jual Foto Selfie di NFT Senilai Rp12,6 Miliar, Ghozali Awalnya Tawarkan Rp42 Ribu

Ekonomi & Bisnis | Jumat, 14 Januari 2022 | 09:59 WIB
Editor : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Jual Foto Selfie di NFT Senilai Rp12,6 Miliar, Ghozali Awalnya Tawarkan Rp42 Ribu

KABARINDO, SEMARANG Sultan Gustaf Al Ghozali, mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mendadak viral di media sosial. Dengan menjual foto selfie di depan komputer yang ia lakukan selama 5 tahun belakangan berhasil meraup banyak keuntungan.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer tersebut memiliki 933 foto selfie yang baru diunggahnya Desember 2021 bulan lalu. Foto selfienya diunggah di marketplace Non-Fungible Token (NFT) di platform Opensea. Fotonya itu kemudian dipromosikan oleh komunitas NFT Indo. Foto selfie tersebut memiliki harga berkisar USD3 atau sekitar Rp42 ribu.

“Awalnya berpikir mungkin lucu kalau ada kolektor yang punya (foto) saya,” ujar Ghozali, Kamis (13/1).

“Harga awal yang saya tawarkan sekitar USD3 (Rp42.000),” tambahnya.

Dilansir dari Twitter Eka B. Panuntun, NFT merupakan token unik mengenai manfaat digital yang menunjukkan bukti kepemilikan dan bisa ditukar dengan sesuatu.

“Non-fungible artinya unik dan gak bisa dituker sama sesuatu yang lain, karena punya karakteristiknya sendiri. Missal, kamu gak bisa tuh nukerin lukisan Mona Lisa sama KW-nya, karena ya Cuma ada satu lukisan Mona Lisa yang autentik di dunia,” ujarnya dikutip dari Twitter @EkaBagus.

Pada akun NFT Ghozali sudah mencapai 1 Ether pada setiap fluktuasi. Foto selfienya laku sebesar Rp14 juta hingga Rp31 juta. Adapun total 933 koleksi foto miliknya jika diakumulasikan bisnis NFT milik Ghozali senilai Rp12,6 miliar.

Bahkan, banyak kolektor yang membeli foto selfie tersebut. Termasuk pesohor tanah air seperti Arnold Purnomo atau Chef Arnold dan juga selebgram Reza Arab.

Hasil jepretan selfie yang dilakukan Ghozali setiap hari mulai tahun 2017 itu dibuatnya sejak ia sekolah di SMK hingga kini kuliah semester 7 di Udinus. Awalnya Ghozali mengaku selfie itu berawal karena ia terinspirasi ingin membuat timelapse. Saat ini, ia mengaku akan melanjutkan selfienya hingga lulus kuliah nanti. Uang hasil penjualan selfinya akan ia gunakan untuk mewujudkan impuannya. Ia juga berkeinginan agar dapat bekerja di studio animasi, sebelum ia memiliki studio animasi sendiri.

Sumber: Okezone.com

Foto: Twitter

 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER