Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > JIS Siap Dukung Program Pembelajaran bagi Siswa dengan Neuro-diversities

JIS Siap Dukung Program Pembelajaran bagi Siswa dengan Neuro-diversities

Iptek
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
JIS Siap Dukung Program Pembelajaran bagi Siswa dengan Neuro-diversities

KABARINDO, JAKARTA - Jakarta Intercultural School (JIS) pada 21 September 2022 meresmikan JIS Learning Center, program khusus untuk anak-anak dengan neuro-diversities, di JIS Pattimura Elementary School, Jakarta Selatan.

Peresmian program baru ini semakin memperkuat komitmen JIS untuk menyediakan lingkungan pendidikan yang inklusif bagi siswa dari latar belakang multikultural.

“Kami menghormati dan meyakini bahwa tidak ada dua anak yang sama. Dengan demikian, anak-anak tidak belajar atau berkembang dengan cara atau kecepatan yang sama,” kata JIS Head of School, Maya Nelson.

“Sebagai sekolah yang menganut nilai-nilai keragaman, kesetaraan dan inklusi, JIS memahami kebutuhan dalam mengembangkan dan memperluas kurikulum kami untuk memberikan ruang bagi siswa dengan berbagai perbedaan pembelajaran," lanjutnya lagi.

“Di Indonesia ada sekitar 311.000 sekolah. Sebanyak 40.000 di antaranya adalah sekolah dengan nomenklatur satuan penyelenggara pendidikan inklusif. Dan untuk mengembangkan sekolah reguler menjadi inklusi, kita memerlukan dukungan kurikulum yang baik, guru yang profesional dan berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai serta program dan anggaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan selalu memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah reguler yang memunculkan program pendidikan inklusi. Kita berkeyakinan bahwa sekolah ini akan menjadi center untuk pengembangan program-program yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus. Salut untuk JIS Pattimura,” ujar Dr. H. Yaswardi, M.Si. Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang hadir dalam acara pembukaan ini.

“Program ini terbatas untuk delapan siswa per kelas demi memastikan tiap siswa menerima perhatian yang mereka butuhkan, JIS Learning Center adalah ruang yang memperkaya dan mendukung bagi anak-anak berusia 4-11 tahun dengan keterlambatan perkembangan umum tingkat ringan hingga parah. Ini termasuk neuro-diversities yang akan menyulitkan mereka dalam mengikuti tuntutan akademik kelas biasa atau membutuhkan bantuan tambahan dengan perkembangan bahasa dan motorik,” jelas JIS Education Specialist, Donise Lyons.

Didukung pendekatan dua arah yang menekankan keterampilan hidup dan akademik, JIS Learning Center menggunakan praktik terbaik dalam pendidikan khusus untuk memberikan setiap siswa rencana pembelajaran individual. Termasuk dalam pembelajaran mereka adalah membaca, menulis, dan matematika, serta keterlibatan yang berfokus pada perkembangan fisik dan sosial-emosional.

“Di dunia, ada orang-orang yang memiliki keragaman saraf; ada orang-orang dengan semua jenis kemampuan dan gaya belajar, keterampilan, dan sosialisasi yang berbeda. Kami ingin memastikan itu terwakili di komunitas kami juga,”kata Donise. “Di JIS, kami secara konsisten meningkatkan kemampuan kami untuk memberikan pendidikan inklusif kepada siswa dengan berbagai variasi pembelajaran. Dan itulah yang kami fokuskan dalam hal pendidikan inklusif.”

Tujuh siswa saat ini terdaftar di ruang kelas perdana JIS Learning Center, yang terletak di JIS Pattimura Elementary School di Jakarta Selatan, dan JIS berencana memperluas program untuk menerima anak-anak usia sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas pada tiga tahun ke depan.

“Tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa siswa dapat belajar bersama kami dalam jangka panjang dan mendapat dukungan untuk keseluruhan perjalanan belajar mereka,” kata Lyons.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER