Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > JIS Buka Pendaftaran Program Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika

JIS Buka Pendaftaran Program Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika

Ekonomi & Bisnis | Senin, 8 November 2021 | 12:01 WIB
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
JIS Buka Pendaftaran Program Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika

KABARINDO, JAKARTA - Pendaftaran beasiswa utama Jakarta Intercultural School (JIS), Bhinneka Tunggal Ika (BTI) telah resmi dibuka bagi siswa dari seluruh Indonesia. Program ini akan diwarnai dengan roadshow virtual mulai 8 November 2021 bagi para siswa sekolah negeri di seluruh nusantara.

“Kami sangat bersemangat memulai pencarian kami untuk angkatan baru pemimpin masa depan agar dapat bergabung dengan JIS di tahun akademik 2022/23,” kata JIS Interim Head of School Maya Nelson. “BTI memiliki tempat yang sangat istimewa dalam komunitas kami, karena BTI semakin memperkuat ikatan kami bersama Indonesia dengan membuat perbedaan besar, terutama dalam kehidupan para penerimanya.”

Sesuai dengan semboyan nasional, Bhinneka Tunggal Ika, BTI memberikan kesempatan kepada siswa Indonesia yang berprestasi untuk mengejar minat dan mengeksplorasi potensi mereka di JIS dengan pengalaman pendidikan global yang didanai penuh. Beasiswa ini berlaku sejak mereka tiba di JIS hingga lulus, dan termasuk biaya sekolah, materi pembelajaran, transportasi, serta biaya ujian tambahan. Sebanyak tiga penerima beasiswa dipilih setiap tahun berdasarkan prestasi mereka di bidang akademik, olahraga, seni, dan sosial.

“Kami mencari siswa yang sejalan dengan misi sekolah kami untuk menjadi yang Terbaik bagi Dunia, yaitu tentang berjuang untuk memberikan yang terbaik demi perubahan positif bagi orang lain,” kata Maya. “Sebagai mantan siswa JIS, saya dapat memastikan bahwa mereka akan mendapatkan kesempatan belajar yang luar biasa dengan banyak kenangan mengagumkan yang akan mereka peroleh dalam komunitas multikultural.”

Beasiswa ini terbuka untuk pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) atau Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN).

Setiap tahun, pencarian penerima beasiswa angkatan baru dimulai dengan roadshow yang dipimpin oleh administrator JIS dan anggota Komite Beasiswa JIS. Perkembangan digital pada tahun 2020, didorong oleh pandemi COVID-19, memungkinkan roadshow dapat diperluas secara virtual dan menjangkau berbagai kota di Indonesia.

Hasilnya, pada tahun ajaran 2021/2022 JIS menerima 413 kandidat dari seluruh nusantara — peningkatan yang signifikan dari hanya 24 kandidat selama debut program pada tahun 2018. Selain mayoritas berasal dari Jakarta dan Pulau Jawa, para siswa juga berasal dari wilayah yang jauh dari ibukota, seperti Aceh, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Secara total, sembilan siswa telah menjadi bagian dari program beasiswa sejak diluncurkan pada tahun 2018. Mereka bergabung dengan JIS dari Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Kedua penerima beasiswa perdana lulus pada Juni tahun ini dan melanjutkan petualangan belajar mereka di universitas-universitas di Eropa dan Amerika Utara — salah satunya mendapatkan beasiswa untuk menyelesaikan gelar sarjana mereka.

“Pada tahun ajaran kali ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak sekolah dan lebih banyak siswa dengan Roadshow BTI virtual, yang akan terdiri dari serangkaian siaran langsung dari kampus Cilandak di Jakarta Selatan,” ujar Maya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER