Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Jelang MotoGP Mandalika, Menhub Pastikan Kelancaran Transportasi di Lombok

Jelang MotoGP Mandalika, Menhub Pastikan Kelancaran Transportasi di Lombok

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 13 Januari 2022 | 22:52 WIB
Editor : Budiman

BAGIKAN :
Jelang MotoGP Mandalika, Menhub Pastikan Kelancaran Transportasi di Lombok

KABARINDO, LOMBOK - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus memantau kesiapan Bandara Internasional Lombok pada Kamis (13/1/2022) jelang digelarnya MotoGP Mandalika bulan Maret 2022 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Menhub mendampingi Presiden Joko Widodo untuk memastikan kelancaran transportasi dan protokol kesehatan di Bandara Internasional Lombok.

“Jumlah penonton MotoGP diperkirakan akan lebih banyak daripada penyelenggaraan Superbike, yang mencapai hingga 60 ribu orang lebih,” kata Budi Karya, dikutip dari Antara.

Budi Karya mengungkap bahwa ada duda antisipasi yang akan dilakukan jelang gelaran MotoGP Mandalika.

Pertama mengantisipasi kedatangan para peserta dan tim ofisial MotoGP dari luar negeri, Kemudian kedua, mengantisipasi kedatangan penonton yang datang baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Ia memastikan bahwa kedatangan semua pihak akan menerapkan prokes yang ketat.

Khusus untuk tim MotoGP akan diterapkan prokes berupa travel bubble.

“Penerapan prokes ketat jangan diabaikan sekalipun kepada para pembalap. Kalau ditemukan positif Covid-19, kita harus tegas untuk menyatakan mereka tidak bisa ikut serta,” ujarnya.

Menyiapkan Penerbangan Komuter Lombok-Bali

Selain menyiapkan di Mandalika sendiri, Menhub juga mengungkap telah menyiapkan jadwal penerbangan komuter dari Lombok ke Bali untuk mengantisipasi penuhnya akomodasi di Lombok.

“Kita siapkan pesawat berbadan lebar (wide body) untuk melakukan perjalanan komuter dari jam 5 pagi sampai jam 9 pagi dari Bali ke Lombok, untuk melayani sekitar 4000 orang,” kata Menhub.

Adapun saat ini terminal penumpang Bandara Internasional Lombok juga telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun.

Apron Bandara Lombok kini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, dan memiliki landas pacu (runway) sepanjang 3.300 meter yang bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777.

“Diharapkan pergerakan peserta, official, penonton, dan penanganan kargo bisa ditampung dengan baik di bandara ini,” ucap Menhub.

Kemenhub juga sudah menyiapkan shuttle bus menuju Mandalika untuk tim MotoGP dan penonton terdaftar.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER