Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Jelang Libur Nataru, Pemerintah Terapkan PPKM Level 1

Jelang Libur Nataru, Pemerintah Terapkan PPKM Level 1

Berita Utama | Senin, 19 Desember 2022 | 16:48 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Jelang Libur Nataru, Pemerintah Terapkan PPKM Level 1

KABARINDO, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan menjelang libur perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru (Nataru) 2023 mendatang, seluruh wilayah Indonesia tetap menjalankan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 1.

“Secara keseluruhan di seluruh Indonesia PPKM level 1,” kata Wiku saat melakukan dialog terkait kesiapan infrastruktur dan protokol kesehatan Nataru secara virtual, Senin (19/12/2022).

Aturan PPKM diterapkan sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 50 Tahun 2022 untuk Jawa dan Bali dan juga Inmendagri Nomor 51 Tahun 2022 untuk luar pulau Jawa dan Bali. Di mana, pemberlakuan PPKM level 1 berlaku dari 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Apalagi, kata Wiku, saat ini positivity rate Covid-19 di Tanah Air mengalami penurunan bahkan di bawah 10%. “Positivity rate-nya juga sudah di bawah 10%,” katanya.

Meskipun, Wiku mengatakan, jika perkembangan Covid-19 sempat mengalami peningkatkan pada bulan November lalu. Namun, kini berhasil turun bahkan di angka kurang dari 1.000 an kasus per hari yang tercatat pada 18 Desember 2022.

“Jadi kalau kita lihat perkembangan Covid sekarang memang beberapa waktu yang lalu sekitar bulan November awal sampai pertengahan terjadi peningkatan, bahkan satu hari bisa di atas 8.000, tetapi setelah itu menurun. Dan bahkan terakhir kemarin tanggal 18 kasusnya memang rendah 860,” katanya.

Wiku menambahkan, kondisi Covid-19 saat ini relatif membaik. Meski begitu, kondisi ini perlu tetap dijaga sehingga tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19 ketika libur Nataru. “Jadi, kondisinya sebenarnya relatif membaik dan kondisi ini tentunya harus dijaga terus,” ujarnya.

“Mari kita jaga ini adalah libur Nataru yang ketiga setelah pandemi. Jadi pastikan Nataru yang pertama kita belajar banyak dan kasus yang naik, Nataru kedua sedikit berkurang, sekarang Nataru yang ketiga ini Seharusnya dengan modal awal dari Nataru saja kasus yang sudah rendah mari jangan kita berat. Kalau kita berhasil ini, berarti memang bangsa kita hebat,” pungkasnya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER