Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Jalan Pasar Kembang Yogyakarta Bersolek, Sejumlah Pedagang akan Direlokasi

Jalan Pasar Kembang Yogyakarta Bersolek, Sejumlah Pedagang akan Direlokasi

Ekonomi & Bisnis | Rabu, 22 Desember 2021 | 18:57 WIB
Editor : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Jalan Pasar Kembang Yogyakarta Bersolek, Sejumlah Pedagang akan Direlokasi

KABARINDO, YOGYAKARTA - Dinas Perdagangan Yogyakarta akan merelokasi puluhan pedagang di sepanjang sisi barat Jalan Pasar Kembang Yogyakarta.

Para pedagang yang direlokasi dari Jalan Pasar Kembang adalah yang terkena dampak penataan Stasiun Tugu.

Para pedangang yang terdampak penataan Stasiun Tugu tersebut akan disebar ke sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, penampatan pedagan di sejumlah pasar tradisional merupakan win-win solution.

"Penempatan pedagang di pasar tradisional ini menjadi win win solution yang ditawarkan oleh pemerintah daerah ke pedagang. Jadi tidak asal menata tetapi ada solusi yang ditawarkan," ujar Yunianto Dwi Sutono.

Pedagang Jalan Pasar Kembang yang terdampak penataan Stasiun Tugu berjumlah 37 orang, dan nantinya akan ditempatkan di beberapa pasar berbeda.

Namun, para pedagang yang direlokasi tersebut tidak bisa memilih lokasi pasar yang akan dituju.

Selain itu para pedagang tersebut juga harus bersedia menyesuaikan jenis dagangan saat dipindahkan ke pasar tradisional.

"Setidaknya, dengan menyediakan tempat baru maka para pedagang tersebut tetap bisa beraktivitas untuk mencari pendapatan," ujar Yunianto.

Pembongkaran Kios Pedagang

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Supriyanto, memberikan penjelasan terkait penataan kios pedagang.

Pembongkaran bangunan dan kios di sisi barat Jalan Pasar Kembang telah diselesaikan pekan lalu.

“Saat ini, kami sudah memasang pembatas di bekas bangunan yang sudah dibongkar. Sedangkan untuk pembangunan akan dilakukan secepatnya, diperkirakan awal tahun karena kami masih disibukkan dengan posko libur akhir tahun,” katanya.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan penataan tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api, khususnya di Stasiun Tugu Yogyakarta.

“Terlebih Stasiun Tugu melayani penumpang dari kereta lokal, KRL, hingga kereta jarak jauh ditambah layanan rapid test untuk calon penumpang sehingga membutuhkan lahan yang cukup,” katanya.

Tujuan lain dari penataan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta yang sudah memerlukan perluasan.

Sumber: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER