Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Irlandia Utara Peringati 50 Tahun ‘Minggu Berdarah’

Irlandia Utara Peringati 50 Tahun ‘Minggu Berdarah’

Internasional | Minggu, 30 Januari 2022 | 23:32 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Irlandia Utara Peringati 50 Tahun ‘Minggu Berdarah’

KABARINDO, BELFAST – Sebuah kegiatan napak tilas berlangsung di Irlandia Utara pada hari Minggu (30/1) untuk menandai peringatan 50 tahun pembantaian Minggu Berdarah (Bloody Sunday) saat pasukan Inggris membunuh 13 pengunjuk rasa yang tidak bersenjata pada Januari 1972.

Keluarga para korban menelusuri kembali jalur asli pawai hak-hak sipil tahun 1972, melalui kota Londonderry, dengan anak-anak membawa mawar putih dan potret para korban bergabung dalam prosesi pedih itu.

Pembantaian itu merupakan titik balik utama di era kekerasan Irlandia Utara.

Untuk menunjukkan solidaritas, orang-orang berbaris di jalan-jalan kala kerabat korban berjalan ke Monumen Minggu Berdarah, tempat pembunuhan itu terjadi.

Peringatan itu berlangsung ketika perdamaian rapuh Irlandia Utara telah digoyahkan oleh Brexit, dan dengan keluarga yang marah karena tidak ada yang dihukum karena pembunuhan itu.

Untuk mengingatkan ketegangan yang masih ada di provinsi itu, garis keras serikat buruh Protestan mengibarkan bendera Resimen Parasut tentara Inggris di daerah Londonderry menjelang peringatan itu.

Kilas Balik Minggu Berdarah

Pembunuhan itu adalah salah satu episode tergelap dalam konflik antara nasionalis Katolik Irlandia Utara — yang menginginkan Irlandia bersatu — dan anggota serikat Protestan yang setia kepada Inggris.

Era kekerasan yang berlangsung antara 1968 hingga 1998 itu terkenal dengan nama The Troubles.

Sebuah pawai diadakan pada tanggal 30 Januari 1972 untuk menentang penahanan tanpa pengadilan para pengikut nasionalis Katolik.

Meskipun dilarang, lebih dari 15.000 orang berangkat dari perumahan menuju pusat kota. 

Ketika para pemuda mulai melemparkan batu ke barikade tentara Inggris, pasukan diperintahkan untuk bergerak maju. Beberapa menit kemudian, tentara mulai menembak, menewaskan 13 orang dan melukai 15 lainnya.

Para prajurit mengaku telah diserang oleh bom paku dan tembakan. Mereka juga bersikeras bahwa mereka bertujuan menjauh dari para demonstran.

Meskipun klaim tentara itu diterima dalam laporan resmi yang diterbitkan akhir tahun itu, investigasi independen menunjukkan hal itu tidak benar.

Keluarga korban mencemooh laporan itu sebagai "pemutihan", dan pembunuhan tersebut mendorong perekrutan ke Tentara Republik Irlandia Sementara (IRA), kelompok paramiliter yang berjuang untuk reunifikasi dengan Irlandia.

IRA meningkatkan kampanye terornya di Irlandia Utara, daratan Inggris dan luar negeri hingga 1998, tahun di saat kesepakatan damai Perjanjian Jumat Agung ditandatangani.

Kelanjutannya Kini

Pemerintah Inggris meminta maaf pada tahun 2010 setelah penyelidikan resmi kedua menemukan bahwa tentara menembak warga sipil yang melarikan diri dan tidak bersenjata tanpa alasan, dan kemudian berbohong tentang hal itu selama beberapa dekade.

Laporan setebal 5.000 halaman, yang mengikuti penyelidikan selama 12 tahun, menyimpulkan bahwa para pengunjuk rasa tidak menimbulkan ancaman, dan bahwa komandan tentara di lapangan telah melanggar perintahnya.

Seorang mantan tentara Inggris didakwa pada 2019 dalam pembunuhan dua pengunjuk rasa dan melukai empat lainnya, tetapi di tahun 2021, pemerintah Inggris mengumumkan rencana untuk menghentikan semua penuntutan tentara dan militan.

Keputusan tersebut telah membuat marah keluarga korban dan telah ditolak oleh semua partai politik utama di Irlandia Utara.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson hari Minggu (30/1) mentwit bahwa Minggu Berdarah adalah "salah satu hari tergelap dalam sejarah kita" dan bahwa negara itu "harus belajar dari masa lalu, berekonsiliasi, dan membangun Irlandia Utara yang damai.”

***(Sumber dan foto: DW/DPA)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER