Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Iran Uji Coba Ledakkan Rudal Dekat Fasilitas Nuklir Natanz

Iran Uji Coba Ledakkan Rudal Dekat Fasilitas Nuklir Natanz

Internasional
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Iran Uji Coba Ledakkan Rudal Dekat Fasilitas Nuklir Natanz

KABARINDO, Teheran – Sebuah ledakan keras terdengar di dekat fasilitas nuklir utama Iran di Natanz, yang sebelumnya menjadi sasaran serangan sabotase, tetapi media pemerintah mengatakan itu adalah bagian dari uji coba terkontrol.

Sebuah ledakan besar dan kilatan cahaya di langit dilaporkan sekitar 20:15 waktu setempat (01.30 WIB) pada hari Sabtu (4/12) di Badroud, 20km (12 mil) dari tempat fasilitas pengayaan berada.

Nournews, sebuah outlet media yang dekat dengan pasukan keamanan Iran, mengkonfirmasi sebuah rudal pertahanan udara ditembakkan dan meledak di langit, tetapi mengatakan itu adalah bagian dari uji reaksi cepat.

Televisi pemerintah kemudian mengkonfirmasi akun ini, mengatakan bahwa tes itu adalah bagian dari latihan yang secara teratur dilakukan di bawah pengawasan otoritas pertahanan udara setempat. Tidak ada kerusakan yang terjadi di daerah setempat sebagai bagian dari tes.

Insiden itu terjadi ketika Israel telah berulang kali mengancam Iran dengan aksi militer, dan bersumpah tidak akan membiarkan Iran memperoleh senjata nuklir.

Iran menyatakan bahwa mereka tidak akan pernah mencari-cari senjata nuklir, bertentangan dengan Israel yang sudah memiliki puluhan senjata nuklir. 

Iran juga menyalahkan sebuah bengkel sentrifugal di Karaj, Israel atas tiga serangan terhadap fasilitas Natanz sejauh ini, dan menuduh mereka sebagai “terorisme nuklir”. *** (Sumber: Al-Jazeera, Foto: Reuters)


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER