Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > IOC Didesak Larang Atlet Rusia Berkompetisi

IOC Didesak Larang Atlet Rusia Berkompetisi

Olahraga | Senin, 28 Februari 2022 | 22:50 WIB
Editor : Nara Ibrahim

BAGIKAN :
IOC Didesak Larang Atlet Rusia Berkompetisi

KABARINDO, LAUSANNE - Atlet-atlet Ukraina dan sejumlah negara lainnya telah meminta Komite Olimpiade Internasional (IOC) agar menangguhkan Rusia dan Belarus serta segera melarang kedua negara itu dalam mengikuti event-event olahraga.

Kementerian Kesehatan Ukraina mengatakan Minggu bahwa 352 warga sipil, termasuk 14 anak-anak, tewas sejak Rusia menginvasi negara itu pekan lalu. Belarus telah menjadi tempat utama dari mana invasi itu dilancarkan.

Rusia menyebut aksinya di Ukraina sebagai "operasi khusus".

"Invasi Rusia ke Ukraina yang didukung Belarus, sudah jelas pelanggaran terhadap Piagam Olimpiade dan Paralimpiade, sehingga menjadi pelanggaran yang harus ditanggapi dengan sanksi keras," kata para atlet itu dalam sebuah surat terbuka kepada Presiden IOC Thomas Bach dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC) Andrew Parsons.

Surat yang dikeluarkan oleh gerakan Atlet Global yang bertujuan memberdayakan atlet itu mengatakan bahwa para olahragawan Ukraina dan keluarga mereka di negara itu berada dalam "bahaya besar" dan menjadi sangat sulit berbicara dengan mereka ketika mereka berada di tempat perlindungan dari bom.

Surat itu juga menyebutkan bahwa menolak mengambil tindakan cepat dalam menangguhkan Komite Olimpiade Nasional Rusia dan Belarusia, akan menjadi pesan yang salah.

"Kurangnya tindakan Anda dalam mengirimkan pesan kepada setiap atlet di dunia bahwa Anda telah memilih kepentingan Rusia dan Belarus ketimbang kepentingan atlet. Warisan Anda akan ditentukan oleh tindakan Anda," tulis para atlet dalam surat itu.

Surat itu mendapat dukungan luas, termasuk dari mantan pelari maraton Inggris Paula Radcliffe dan mantan pemain ski lintas alam Kanada Beckie Scott.

IOC mengatakan federasi-federasi olahraga internasional harus memindahkan atau membatalkan semua turnamen olahraga yang sudah direncanakan diadakan Rusia atau Belarus, sementara eksekutif IOC mengatakan bendera kebangsaan Rusia dan Belarus terlarang dikibarkan dalam semua event olahraga internasional.

Sumber: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER