Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Inilah Peraturan Baru PPKM Level 3 di Kota Depok

Inilah Peraturan Baru PPKM Level 3 di Kota Depok

Ekonomi & Bisnis | Rabu, 9 Februari 2022 | 11:50 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Inilah Peraturan Baru PPKM Level 3 di Kota Depok

KABARINDO, DEPOK-  Kota Depok menerapkan PPKM Level 3 dan membuat sejumlah peraturan baru yang dituangkan pada Keputusan Wali Kota Depok NOMOR: 443/75/Kpts/Satgas/Huk/2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Covid-19.  

“Pemberlakuan PPKM Level 3 Covid-19 terhitung mulai 8 Februari 2022 sampai dengan 14 Februari 2022,” ujar Wali Kota Depok Muhammad Idris, Rabu (9/2/2022).

Dalam Kepwal tersebut Wali Kota melarang setiap bentuk aktivitas atau kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan. Pemkot Depok memastikan penerapan protokol kesehatan, dan untuk membatasi mobilitas warga. Selain itu dapat segera dilaksanakan Gerakan Jaga Kampung Kita (JAGAKAKI) pada tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ).

“Mengerahkan sumber daya Satgas Kecamatan dan Tim Pengawas Kecamatan dan kelurahan, bersama TNI dan Polri, serta terpadu dengan Satgas KSTJ/RT/RW, melakukan upaya pencegahan dan penanganan langsung di wilayah RT,” ucap Idris.

Idris menilai, Covid-19 paling menular pada kondisi tertutup, pertemuan panjang lebih dari 15 menit, interaksi jarak dekat, keramaian, aktivitas lainnya. Penggunaan masker dengan benar dan konsisten adalah protokol kesehatan paling minimal yang harus diterapkan setiap orang.

“Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer secara berulang terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain seperti gagang pintu perlu dihindari,” terang Idris.

Adapun sejumlah pengetatan atau pemberlakuan peraturan pada dunia usaha PPKM Level 3, pada perhotelan non karantina wajib menggunakan aplikasi pedulilindungi. Untuk kapasitas pengunjung maksimal 50 persen dari total kapasitas.

“Ruang pertemuan dengan kapasitas besar atau ballroom diizinkan buka dengan memakai aplikasi PeduliLindungi dan kapasitas maksimal 25 persen, serta penyediaan makanan dan minuman pada fasilitas ruang pertemuan disajikan dalam box dan tidak ada hidangan prasmanan,” kata Idris.

Pembatasan di Pasar

Untuk minimarket, pasar tradisional, dan pasar swalayan, lanjut Idris, dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 60 persen. Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang sudah dimulai sejak 14 September 2021.

“Hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan,” jelas tutur Idris.

Idris mengungkapkan, para pedagang kaki lima hingga warteg diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB. Jumlah pengunjung makan 60 persen dari kapasitas dan waktu makan maksimal 60 menit.

“Untuk restoran atau café yang berada di pusat perbelanjaan dilakukan pengaturan satu meja maksimal dua orang, dan waktu makan maksimal 60 menit,” ungkap Idris.

Idris menambahkan, untuk restoran atau rumah makan, kafe dengan jam operasional dimulai malam hari, dapat memberikan pelayanan dengan protokol kesehatan yang ketat. Pelaksanaan jam operasional dapat dilaksanakan sejak pukul 18.00 WIB sampai dengan maksimal pukul 00.00 WIB.

“Kapasitas maksimal 25 persen dan satu meja maksimal dua orang dengan waktu makan 60 menit,” pungkas Idris.

Sumber: Liputan6.com

Foto: ilustrasi depok pos


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER