Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2022, Ini Kesempatam Bagi UMKM Lokal

Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2022, Ini Kesempatam Bagi UMKM Lokal

Ekonomi & Bisnis | Minggu, 23 Januari 2022 | 15:42 WIB
Editor : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2022, Ini Kesempatam Bagi UMKM Lokal

KABARINDO, JAKARTA - Ajang olahraga kelas dunia, MotoGP 2022 akan diselenggarakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gelaran akbar ajang olahraga internasional ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan daya tarik wisata Indonesia, khususnya di NTB. Ini merupakan momen yang tepat untuk UMKM lokal berunjuk gigi.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah berharap agar momen ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh warga Mandalika.

“Penekanan Pak Presiden kepada para Menteri supaya segala hal dipersiapkan dengan maksimal. Mulai dari akomodasi, fasilitas di sirkuit, dan infrastruktur pendukung lainnya,” katanya, Minggu (23/1).

Gubernur yang kerap disapa Zul tersebut juga menyampaikan, ajang MotoGP nantinya bisa meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Konsen Pemprov NTB terhadap UMKM begitu tinggi. Bahkan, dalam program industrialisasi mendorong kapasitas UMKM untuk ditingkatkan,” ujarnya.

Kesempatan untuk UMKM

Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2022, Ini Kesempatam Bagi UMKM Lokal

Untuk sementara ini Zul mengatakan ada beberapa UMKM yang sudah memanfaatkan kesempatan emas ini. Mereka di antaranya, Rumah Produksi Kosmetik CV. Karya Iwin Insane di Science Technology dan Industrial Park (STIPark) Provinsi NTB. Kemudian Rumah Produksi Organik Lombok Indonesia Pagesangan Mataram.

Ada juga Rumah Produksi Ayam Taliwang Dalam Kemasan Steril di Gomong Mataram, Rumah Produksi Sate Rembige Dalam Kemasan Steril Rembige. Yang terakhir tidak mau ketinggalan ada Rumah Produksi Ayam Rarang Dalam Kemasan Steril yang berlokasi di Kecamatan Terara, Lombok Timur.

“Ini kesempatan, semua harus mengambil momentum. Permintaan oleh-oleh makanan, kerajinan, dan cinderamata khas NTB akan tinggi. Waktunya unjuk gigi,” kata Polisiti PKS tersebut.

Usaha ini nantinya juga bisa digunakan sebagai ajang promosi dampak program industrialisasi yang memang menjadi program unggulan Pemprov NTB.

Menurut Zul, industrialisasi memang tidak bisa dihindari. Bahkan untuk saat ini industrialisasi memang penting bagi pertumbuhan suatu daerah. Menurutnya tidak ada negara dan daerah yang bisa mencicipi kesejahteraan tanpa melalui proses industrialisasi.

“Tidak ada yang mampu meningkatkan kemakmurannya tanpa berani melakukan industrialisasi dengan meningkatkan nilai tambah dari hasil pertanian, peternakan, dan laut. Program industri bukan hanya semata program dari pemerintah. Tapi industrialisasi adalah kebutuhan bersama menurut teori ekonomi,” ungkapnya.

Hal ini lah yang membuatnya mendorong produk-produk UMKM harus ditingkatkan semaksimal mungkin. Mengingat pagelaran besar MotoGP ini menurutnya bisa membawa berkah besar bagi pelaku UMKM.

Sumber: Detik.com

Foto: ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU, WSBK


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER