Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Internasional > Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle Visit Year 2023-2025 Resmi Diluncurkan

Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle Visit Year 2023-2025 Resmi Diluncurkan

Internasional | Kamis, 11 Mei 2023 | 14:06 WIB
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle Visit Year 2023-2025 Resmi Diluncurkan

KABARIBDO, LABUAN BAJO - Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Visit Year 2023-2025 resmi diluncurkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-15 kerja sama ekonomi subregional tersebut di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis.

Presiden Joko Widodo mengatakan pandemi telah mengacaukan sektor pariwisata dunia yang bahkan menurunkan sektor pariwisata Indonesia-Malaysia-Thailand sampai lebih dari 90 persen.

“Alhamdulillah, sejak tahun lalu, sektor pariwisata mulai bangkit kembali. Pergerakan wisatawan internasional mencapai lebih dari 900 juta dan dipastikan akan terus tumbuh,” kata presiden yang akrab disapa Jokowi ini.

Dia menilai Indonesia, Malaysia, Thailand harus bergerak cepat memanfaatkan peluang tersebut.

Jokowi menekankan tiga hal yang perlu menjadi fokus, yaitu meningkatkan infrastruktur terutama konektivitas, memperkuat branding yang inovatif, dan mengembangkan digital tourism untuk meningkatkan pelayanan.

“Ini semua untuk memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Indonesia-Malaysia-Thailand harus dorong pertumbuhan ekonomi

IMT-GT adalah kerangka kerja sama ekonomi yang dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara IMT-GT.

Wilayah Indonesia yang menjadi bagian kerja sama IMT-GT adalah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat

Kampanye IMT-GT Visit Year diluncurkan guna mendorong pemulihan pariwisata di beberapa daerah, serta untuk meningkatkan kesadaran tentang IMT-GT sebagai destinasi tunggal.

Bagi Indonesia, selaku Ketua IMT-GT Bidang Pariwisata, kampanye ini juga bermanfaat dalam mendorong pemulihan pariwisata dan pemasaran destinasi pariwisata, khususnya di sepuluh provinsi di Sumatera.

Ini peluang bagi Indonesia untuk mempromosikan dua destinasi prioritas di Sumatera, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara dan Tanjung Kelayang di Bangka Belitung.

Kampanye ini juga menjadi salah satu upaya mempromosikan destinasi baru dan kurang dieksplorasi di Sumatera. Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER