Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > IBM Punya Perangkat Lunak Berbasis AI; untuk Environmental Intelligence

IBM Punya Perangkat Lunak Berbasis AI; untuk Environmental Intelligence

Iptek | Minggu, 28 November 2021 | 22:21 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
IBM Punya Perangkat Lunak Berbasis AI; untuk Environmental Intelligence

IBM Punya Perangkat Lunak Berbasis AI; untuk Environmental Intelligence

Bantu perusahaan tangani tujuan sistem keberlanjutan dan risiko iklim

Surabaya, Kabarindo- IBM telah mengumumkan rangkaian perangkat lunak kecerdasan lingkungan yang memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu perusahaan mempersiapkan dan merespons risiko cuaca dan iklim yang dapat mengganggu bisnis, menilai dampaknya terhadap planet ini secara lebih mudah dan mengurangi kompleksitas kepatuhan serta pelaporan terhadap peraturan.

Perusahaan menghadapi kerusakan terkait iklim pada aset mereka, gangguan pada rantai pasokan dan operasional, serta meningkatnya ekspektasi dari konsumen dan investor untuk tampil sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan.

Menurut Global Risks Report 2021, cuaca ekstrem, kegagalan antisipasi perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia disebut-sebut sebagai tiga risiko teratas yang paling mungkin terjadi terhadap bisnis selama 10 tahun ke depan.

Perusahaan membutuhkan wawasan lingkungan yang dapat ditindaklanjuti untuk menangani tantangan ini, tetapi metode saat ini sering kali tidak praktis dan kompleks, sehingga membutuhkan tenaga kerja manual yang intensif, keterampilan ilmu iklim dan data serta daya komputasi.

IBM Environmental Intelligence Suite yang diumumkan tersebut bertujuan membantu perusahaan merampingkan dan mengotomatisasi pengelolaan risiko lingkungan serta mengoperasionalkan proses yang mendasarinya, termasuk penghitungan dan pengurangan karbon untuk memenuhi tujuan lingkungan.

Suite ini memanfaatkan data cuaca dari IBM, penyedia akurat secara keseluruhan secara global, analitik geospasial canggih yang sudah digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia, dan inovasi baru dari IBM Research. Penawaran ini adalah yang pertama untuk menyatukan AI, data cuaca, analitik risiko iklim dan kemampuan penghitungan karbon yang memungkinkan organisasi menghabiskan lebih sedikit sumber daya untuk menyusun data kompleks dan menganalisisnya lebih banyak, guna mendapatkan wawasan dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerja operasi mereka.

IBM Environmental Intelligence Suite adalah solusi SaaS (software as a service)yang dirancang untuk membantu perusahaan. Suite ini memberikan wawasan/analisa lingkungan melalui API, dashboards, peta dan peringatan/alert yang dapat membantu perusahaan menangani tantangan operasional langsung serta perencanaan dan strategi jangka panjang. Misalnya, suite ini dapat digunakan untuk membantu retailers bersiap menghadapi gangguan pengiriman dan persediaan terkait cuaca yang parah atau faktor risiko lingkungan ke lokasi gudang. Perusahaan energi dan utility dapat menentukan di mana harus memangkas vegetasi di sekitar saluran listrik atau aset penting mana yang akan memiliki risiko lebih besar terhadap kebakaran hutan akibat perubahan iklim. Suite ini juga dapat digunakan untuk membantu supermarket mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana sistem pendingin berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca mereka secara keseluruhan dan memprioritaskan lokasi untuk perbaikan.

Kareem Yusuf, Ph.D., Manajer Umum IBM AI Applications, mengatakan masa depan bisnis dan lingkungan sangat terkait. Perusahaan tidak hanya mengatasi dampak gangguan cuaca ekstrem pada operasi mereka, namun pemegang saham dan regulator juga akan meminta tanggung jawab perusahaan atas bagaimana operasi mereka berdampak pada planet ini.

“IBM menyatukan kekuatan AI dan hybrid cloud untuk menyediakan bisnis dengan environmental intelligence yang dirancang guna membantu mereka meningkatkan kinerja, operasional dan pelaporan lingkungan, menciptakan operasi bisnis yang lebih efisien untuk mengurangi konsumsi sumber daya serta merencanakan ketahanan dalam menghadapi gangguan iklim,” ujarnya.

Perusahaan di seluruh dunia sudah menggunakan banyak teknologi AI yang ditemukan dalam IBM Environmental Intelligence Suite. Misalnya, data lingkungan IBM dan analitik geospasial sedang digunakan oleh perusahaan Ethanol, Bioelectricity and gula dari Brasil, yaitu BP Bunge Bioenergia, untuk membantu mereka lebih memahami produksi tebu agrikultur dan meningkatkan perkiraan / analisa pasar mengenai produksi gula global. Solusi ini juga digunakan oleh agribisnis terkemuka, Cajamar, untuk membantu petani di Spanyol untuk meningkatkan hasil dan mengurangi dampak lingkungan melalui alat Plataforma Tierra digitalnya.

IBM Environmental Intelligence Suite juga memanfaatkan inovasi berbasis AI dari IBM Research yang memudahkan ilmuwan iklim dan data untuk menganalisis set data lingkungan yang sangat besar, serta kerangka kerja pemodelan risiko iklim baru yang digunakan untuk menghasilkan data tentang risiko kebakaran dan banjir di masa depan. Rangkaian ini akan memanfaatkan teknologi dari IBM Research yang menerapkan pemrosesan bahasa alami dan otomatisasi yang dirancang untuk membantu perusahaan memperkirakan emisi karbon dan mengidentifikasi peluang untuk menguranginya di seluruh operasi mereka atau dengan pemasok.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER