TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Ekonomi & Bisnis > Hadiri Rapimnas KADIN, Menko Airlangga Hartarto Sebut Cadangan Devisa Indonesia Relatif Naik

Hadiri Rapimnas KADIN, Menko Airlangga Hartarto Sebut Cadangan Devisa Indonesia Relatif Naik

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Hadiri Rapimnas KADIN, Menko Airlangga Hartarto Sebut Cadangan Devisa Indonesia Relatif Naik

KABARINDO, BALI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengemukakan tren positif Cadangan Devisa dan Neraca Perdagangan Indonesia hingga Oktober 2021.

Menko Airlangga mengungkapkan hal tersebut dalam Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Rapimnas KADIN Indonesia) yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Bali, Jumat (3/12/2021)

Menurut Ketua Umum Partai Golkar tersebut berbagai indikator utama ekonomi nasional saat ini telah menunjukkan tren positif, meskipun pandemi Covid-19 belum usai.

Indeks Keyakinan Konsumen pada Oktober 2021 tercatat sebesar 113,4 yang artinya adanya peningkatan kepercayaan dari sisi demand dan Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur menunjukkan perbaikan dari sisi supply.

Tidak hanya itu, investasi hingga kuartal ketiga 2021 juga meningkat 7,8% menjadi Rp659 triliun dan akan ditingkatkan hingga mencapai Rp1.200 triliun hingga akhir tahun.

Menko Airlangga juga menambahkan bahwa Cadangan Devisa dan Neraca Perdagangan Indonesia hingga Oktober 2021 juga relatif terus meningkat sejak 2019.

"Dari sisi ekonomi, Indonesia juga memiliki keseimbangan eksternal dan internal yang kuat," ucap Menko Airlangga dalam rilis Ekon.go.id.

"Cadangan devisa kita dan nilai ekspor Indonesia tertinggi dalam sejarah. Hal ini didukung surplus neraca perdagangan secara kumulatif yang mencatatkan kenaikan tertinggi selama 10 tahun terakhir."

"Hal ini tidak terlepas dari kenaikan harga komoditas global yang kemudian meningkatkan penerimaan APBN."

Untuk itulah Menko Airlangga berharap KADIN mengambil peran besar dalam peningkatan ekonomi nasional yang mulai bergeliat di tengah pandemi Covid-19

"KADIN Indonesia sebagai organisasi tuan rumah Business20 (B20) diharapkan dapat mendukung kerja sama lintas batas dan mengupayakan langkah inovatif," ujarnya.

"Kita berharap kegiatan ini bisa mendorong transformasi ekonomi, dan KADIN Indonesia jadi pelopor agar target peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi bisa tercapai."

Sumber: Ekon.go.id
Foto: Instagram Airlangga Hartarto


RELATED POSTS


Home Icon