Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Hadapi Cuaca Tidak Menentu, Berikan Perawatan Ekstra pada Mobil

Hadapi Cuaca Tidak Menentu, Berikan Perawatan Ekstra pada Mobil

Iptek | Minggu, 28 Mei 2023 | 22:13 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Hadapi Cuaca Tidak Menentu, Berikan Perawatan Ekstra pada Mobil

Hadapi Cuaca Tidak Menentu, Berikan Perawatan Ekstra pada Mobil

Agar kondisi tetap prima

Surabaya, Kabarindo- Sebagian orang menghabiskan waktu setiap hari di dalam mobil, entah untuk mobilitas pekerjaan atau sekadar pergi ke suatu tempat. Berada di dalam mobil akan membosankan jika kondisinya tidak nyaman untuk dikendarai.

Saat ini, cuaca tidak menentu dan tidak bisa ditebak. Kadang panas terik, namun tak lama turun hujan deras hingga membuat udara lembab. Kondisi seperti ini jika berlangsung terus menerus akan membuat mobil rentan terhadap kotoran dan jika jarang dibersihkan, mobil akan mudah terkena berbagai 'penyakit', khususnya di bagian eksterior. Untuk itu, pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra agar selalu terjaga dan tetap nyaman eksteriornya.

Bagian eksterior sangat penting, karena kebersihan pada bagian ini menjadi cermin pribadi pemilik kendaraan. Namun interior mobil juga harus diperhatikan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

Merawat mobil bisa dilakukan di rumah menggunakan produk-produk perawatan yang bisa dibeli di toko khusus, sehingga mobil tetap prima, aman dan tidak mudah kusam. Berikut tips merawat mobil dari Shopee:

Rawat eksterior mobil agar tetap mengkilap

Bagian eksterior mobil yang terdampak langsung oleh cuaca adalah cat yang berfungsi melindungi mobil dari karat. Terpaan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dan air hujan yang mengandung zat asam dapat merusak cat mobil, apalagi jika terpaannya silih berganti.

  1. Rutin mencuci mobil sangat penting untuk menjaga keindahan cat mobil. Ketika mobil digunakan, debu, kotoran dan noda lainnya dapat menempel pada cat. Jika tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat. Saat mencuci mobil, pastikan menggunakan spons atau kain microfiber yang lembut agar tidak merusak cat mobil. Hindari menggunakan sikat kasar atau sabun yang mengandung bahan kimia keras.
  2. Gunakan wax mobil secara teratur. Wax akan membentuk lapisan pelindung yang membuat cat mobil terlihat lebih mengkilap dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Wax mobil juga dapat membantu memperlambat proses korosi pada bagian metal mobil. Pastikan menggunakan wax yang berkualitas dan sesuai dengan jenis cat mobil yang digunakan.
  3. Siapkan penutup mobil atau pelindung kaca (sun shield) untuk menjaga mobil terkena sinar matahari secara langsung. Atau pilih tempat parkir yang teduh untuk melindungi cat mobil.

Nyaman berkendara dengan interior mobil yang wangi dan apik

Segala sesuatu yang bersih dan rapi akan membuat pikiran ikut merasakanya. Maka penting sekali menjaga kebersihan interior mobil demi kenyamanan saat hendak berkendara. Kabin yang bersih juga bagus dari sisi kesehatan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan pemeriksaan terhadap beberapa bagian interior mobil mulai dari permukaan dashboard, AC, hingga jok dan karpetnya.

Untuk menjaga jok mobil tetap bersih, siapkan vacuum cleaner mobil yang portable untuk membersihkan debu dan kotoran yang jatuh, maupun leather cleaner atau conditioner agar jok awet dan tidak kusam. Sebaiknya taruh wewangian di dalam mobil untuk memberikan efek yang menenangkan, Memilih aroma yang tepat juga akan membuat pikiran lebih rileks. Tak kalah penting, pastikan AC tetap dingin agar betah di mobil ketika berkendara saat cuaca panas.

Servis dan periksa kelayakan mobil secara berkala

Servis berkala adalah salah satu langkah untuk menjaga performa mobil. Pemilik mobil harus memahami langkah-langkah perawatan yang dibutuhkan kendaraan. Servis berkala mobil meliputi berbagai komponen, termasuk mesin, oli, rem, busi, ban dan lampu. Seiring waktu, mesin yang digunakan tentu akan mengalami perubahan. Sehingga perlu membawa mobil untuk servis ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya secara berkala agar dilakukan penyetelan ulang dan kalibrasi agar mesin mobil kembali bertenaga. Teknisi akan membantu untuk mendeteksi kerusakan dan mengatasinya.

Pastikan keamanan mobil dengan perangkat dashcam

Di era digital saat ini peran dashboard camera atau dashcam pada kendaraan pribadi menjadi penting. Bukan hanya sebagai aksesoris di mobil, tetapi fungsi utamanya mirip dengan CCTV sebagai fitur keamanan untuk merekam segala aktivitas dan kejadian saat kita berkendara. Dengan dashcam ini, pemilik kendaraan bisa menjadikan rekaman sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu di jalan raya. Hasil rekaman akan disimpan dalam kartu memori sesuai kapasitasnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER