GoTo, KADIN Indonesia & Samator Group; Inisiasikan Rumah Oksigen Gotong Royong

GoTo, KADIN Indonesia & Samator Group; Inisiasikan Rumah Oksigen Gotong Royong

GoTo, KADIN Indonesia & Samator Group; Inisiasikan Rumah Oksigen Gotong Royong

Pertama di Indonesia, dilengkapi peralatan suplai oksigen dan bed bagi penderita Covid-19 gejala sedang

Surabaya, Kabarindo- Grup GoTo bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia serta PT Aneka Gas Industri Tbk. (Samator Group) menginisiasi fasilitas kesehatan Rumah Oksigen Gotong Royong dalam upaya mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia.

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang dilengkapi peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang (kategori 2).

Sebagai project pertama, fasilitas tersebut dibangun di Pulogadung, di sebelah kawasan pabrik Samator Group, di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia, mengatakan Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan Covid-19. Ia melihat hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini adalah kebutuhan oksigen bagi warga terpapar Covid-19. Karena itu, Rumah Oksigen Gotong Royong didirikan untuk memberikan solusi atas krisis oksigen.

Rachmat Harsono, President Director PT Aneka Gas Industri Tbk, mengatakan Rumah Oksigen Gotong Royong didirikan di salah satu lokasi pabriknya di Pulogadung untuk mempermudah distribusi bagi warga yang membutuhkan. Setiap hari akan disalurkan oksigen secara pipa non-stop untuk memenuhi kebutuhan. Selanjutnya untuk merespon kebutuhan serupa di provinsi yang lain, pihaknya siap melakukan hal yang sama di beberapa lokasi pabrik yang tersebar di Nusantara, yang memungkinkan untuk melakukan pipanisasi secara langsung.

Andre Soelistyo, CEO GoTo, mengatakan krisis oksigen yang dialami Indonesia saat ini antara lain disebabkan oleh distribusi yang terkendala jarak dan waktu serta keterbatasan sarana dan prasarana. Rumah Oksigen Gotong Royong dicetuskan untuk meminimalisir hambatan tersebut dengan menghadirkan fasilitas semi-permanen yang memungkinkan penderita Covid-19 kategori 2 mendapatkan akses mudah suplai oksigen, tempat tidur perawatan dan fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat.

Lokasi Rumah Oksigen Gotong Royong di Pulogadung dekat dengan sejumlah RS rujukan Covid-19, sehingga keberadaannya akan saling melengkapi. Jika ada warga yang dirawat di Rumah Oksigen Gotong Royong mengalami penurunan kondisi, maka dapat cepat dirujuk ke RS rujukan.

Selain menyuplai oksigen kepada warga yang membutuhkan, Rumah Oksigen Gotong Royong diharapkan juga dapat membantu penurunan Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Jakarta. Data dari Kemenkes menyebutkan ketersediaan tempat tidur RS Covid-19 per 17 Juli 2021 mencapai sekitar 85%.

Sementara Garibaldi Thohir, Komisaris GoTo, mengatakan GoTo yang diwakili oleh anak-anak muda Indonesia sangat peduli akan situasi darurat pandemi ini. Mereka berperan aktif dalam memberikan dukungan agar kita bisa melalui masa sulit ini bersama-sama.

Perumusan konsep dan pengerjaan Rumah Oksigen Gotong Royong bersama anggota KADIN Indonesia dilakukan dalam waktu cepat yang diharapkan dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat dalam penanganan pandemi, ujarnya.

Rumah Oksigen Gotong Royong yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini dapat diakses melalui aplikasi Halodoc. GoTo dan KADIN Indonesia sedang dalam tahap finalisasi untuk kemitraan dengan pihak yang akan mengelola operasionalnya dengan kemampuan dan pengalaman dalam pengelolaan fasilitas kesehatan.

Penulis: Natalia Trijaji