Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa dan Sahur

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa dan Sahur

Berita Utama | Rabu, 5 April 2023 | 12:08 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa dan Sahur

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu Bagikan 14.000 Paket Makanan Buka Puasa dan Sahur

Di 35 titik di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan, libatkan 10 dapur komunitas dan 100 relawan

Surabaya, Kabarindo- PT Heinz ABC Indonesia (ABC) berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan #ABCDapurBersamaIbu, gerakan kemanusiaan berbasis komunitas.

Setelah peluncurannya di Jakarta pada pertengahan Maret 2023 lalu, kini Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir di Surabaya dan sekitarnya, dengan membawa misi yang sama untuk memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama. Terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar kita.

Dalam pelaksanaannya, gerakan tersebut melibatkan lebih dari 100 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung yang akan berkolaborasi dengan 10 dapur komunitas ibu (mom’ community kitchen), untuk membantu menyiapkan dan membagikan 14.000 paket makanan sahur dan buka puasa di 35 titik pendistribusian di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan.

Niken Sekarmelati, Brand Manager Beverage Kraft Heinz Indonesia, mengatakan Gerakan #ABCDapurBersamaIbu terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu. Pada momen Ramadhan, peran ibu dalam menyiapkan hidangan dari mulai makan sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan bentuk cinta yang nyata. Kebesaran cinta ibu ini juga tergambar lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita. Mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaga bagi sesama.

“Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi gerakan kemanusiaan yang lebih luas,” ujarnya pada Selasa (4/4/2023).

Secara nasional, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu akan berlangsung mulai 23 Maret - 19 April 2023, mendistribusikan 125.000 paket makanan dengan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk 35 warteg. Setiap hari, mereka akan menyiapkan masakan sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada masyarakat rentan, di antaranya kaum papa, lansia hingga keluarga pemulung di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) yang akan beroperasi setiap hari.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir sebagai sebuah kolaborasi antara ABC, Food Bank of Indonesia (FOI), bersama dengan Alfamart sebagai mitra strategis yang akan membantu mengkoordinir pelaksanaannya, mulai dari pemilihan mitra dapur komunitas ibu, menggerakkan para relawan, pengaturan proses penyiapan serta distribusi makanan hingga proses monitoring dan evaluasi.

Wida Septarina, Co-founder Foodbank of Indonesia (FOI), mengatakan sebagai jaringan bank pangan di Indonesia, misinya mendorong kemakmuran dan memerangi kelaparan. FOI senang bekerja sama dalam Gerakan #ABCDapurBersamaIbu yang mengusung misi yang sama. FOI percaya ibu memiliki peran penting dalam keluarga, mulai dari menetukan pilihan makanan hingga menyalurkan nilai-nilai kebaikan kepada anggota keluarga.

“Mari bersama-sama kita menyalurkan asupan nutrisi yang lebih baik sebagai bentuk bantuan pangan kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Mewaliki relawan ibu, Fanany Hasiyati menambahkan melalui gerakan tersebut, ia bersama ibu-ibu komunitas lainnya mendapat kesempatan untuk berbagi kehangatan lewat paket makanan sahur dan buka puasa untuk mereka yang membutuhkan. Ia berharap langkah tersebut bisa menginspirasi lebih banyak ibu untuk membuat dampak positif yang lebih besar.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga didukung oleh mitra-mitra lain. Setiap pembelian produk ABC di Alfamart, Alfagift, Tokopedia dan GrabMart selama periode program akan dikonversikan sebesar Rp.1.000. Aqua juga memberikan dukungan melalui penyediaan donasi air mineral dalam kemasan yang akan disertakan di dalam paket donasi makanan dan Aladin memberikan dukungan finansial. Gerakan ini akan dkomunikasikan melalui berbagai platform media, termasuk website, media sosial, komunikasi di dalam toko-toko Alfamart dan aplikasi Tokopedia serta Grab.

Masyarakat dapat ikut mendukung gerakan ini dengan membeli produk ABC yang dijual di toko-toko mitra gerakan #ABCDapurBersamaIbu, mengunggah foto yang menginspirasikan nilai kebaikan Ramadhan dengan menggunakan filter khusus ABC Dapur Bersama Ibu ke Instagram Feed & Story, dengan menyertakan @segarnyasirupabc & @sardenabc. Atau terlibat langsung bersama relawan FOI dalam proses pendistribusian di lapangan dengan mendaftarkan diri melalui website yang telah disiapkan.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER