Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Gempa M4,1 Guncang Kota Sukabumi

Gempa M4,1 Guncang Kota Sukabumi

Berita Utama | Kamis, 30 Desember 2021 | 10:55 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Gempa M4,1 Guncang Kota Sukabumi

KABARINDO, BANDUNG - Kota Sukabumi diguncang gempa bumi teknik dengan magnitudo 4,1 pada pukul 05:05:36 WIB, Kamis (30/12/2021).

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 7.78 LS dan 106.9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 km Barat Daya Kota Sukabumi pada kedalaman 21 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Pensesaran di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Simpenan (Sukabumi) dengan Skala Intensitas II - III MMI.

Di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho.

Hingga pukul 06:02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.  foto: freepick


 

 


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER