Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > FIFGROUP Salurkan Dana Bergulir bagi 734 UMKM pada 2023

FIFGROUP Salurkan Dana Bergulir bagi 734 UMKM pada 2023

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 11 Mei 2023 | 19:14 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
FIFGROUP Salurkan Dana Bergulir bagi 734 UMKM pada 2023

FIFGROUP Salurkan Dana Bergulir bagi 734 UMKM pada 2023

Gelar Kick Off UMKM 2023, gandeng Yayasan Astra & non-Astra serta pemerintah

Surabaya, Kabarindo- PT Federal International Finance (FIFGROUP) menyalurkan Dana Bergulir bagi 734 UMKM pada 2023.

Chief Executive Officer FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, mengatakan dalam Kick Off bertajuk Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM 2023 pada Rabu, 10 Mei 2023, kegiatan ini untuk mendukung Environment, Social and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

“Salah satu inisiatif yang FIFGROUP lakukan adalah melalui program Dana Bergulir, yaitu pengembangan UMKM,” ujarnya.

Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, mengatakan ia mengapresiasi FIFGROUP yang berinisiatif mengajak yayasan Grup Astra untuk berkolaborasi memajukan dan mengembangkan UMKM binaan di lingkungan Grup Astra, melalui pembinaan dan pengembangan UMKM. Ia berharap kegiatan seperti ini terus dapat dilaksanakan demi memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Human Capital, General Service and Corporate Communication Director, Esther Sri Harjati, menambahkan FIFGROUP sejak 2016 hingga hari ini, berupaya untuk terus membantu para pelaku UMKM melalui program Dana Bergulir.

“FIFGROUP ingin mendukung masyarakat Indonesia, khususnya UMKM, dalam pertumbuhan ekonomi dan bisa berkembang serta naik kelas,” ujarnya.

Pada program ini, FIFGROUP berkolaborasi dengan ESR Astra, yayasan di bawah Astra : Yayasan Dharma Bakti Astra, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim dan Yayasan Astra Honda Motor, serta Yayasan Amaliyah Astra, berupa pengembangan dan pembinaan UMKM dengan cara mencari UMKM yang memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk maju, memberikan workshop dan pendampingan langsung kepada UMKM. Juga membuat E-Catolog yang berisi profile usaha UMKM binaan, sehingga bisa membantu penjualan secara online untuk internal maupun eksternal. Harapannya bisa menumbuhkan UMKM bangkit kemudian berhasil, sehingga bisa bersaing di tingkat global.

Pada program ini, FIFGROUP menyalurkan bantuan modal yang berasal dari Dana Sosial Syariah yang berfokus pada pengembangan UMKM, yaitu pemanfaatan dan penyaluran dana sosial syariah yang tepat serta efektif kepada masyarakat yang mengedepankan transparansi.

Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dengan baik. Pada tahun ini, sekitar Rp.3 miliar dana sosial Syariah FIFGROUP disalurkan kepada 734 UMKM di 243 cabang FIFGROUP se-Indonesia.

Perjalanan UMKM binaan FIFGROUP bermula sejak 2016 dengan 26 UMKM dengan nominal bantuan Rp.65 juta, kemudian pada 2017 terdapat 35 UMKM dengan nominal bantuan Rp.124,5 juta. Pada 2018 terdapat 67 UMKM dengan nominal bantuan Rp.152,5 juta, pada 2019 terdapat 97 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp.298 juta, pada 2020 terdapat 54 UMKM dengan nominal bantuan Rp.206,5 juta dan pada 2021 terdapat 524 UMKM dengan nominal Rp.1,4 miliar. Total dana yang digulirkan sejak 2016-2021, lebih dari Rp.2,3 miliar kepada 803 pelaku UMKM

Sedangkan pada 2022, sebanyak 600 pelaku UMKM terdampak telah mendapat total dana yang digulirkan sebesar Rp.2 miliar. Sehingga total penerima bantuan dana bergulir (2016-2022) sebanyak 1.353 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp.4,2 miliar.

Pelaku UMKM akan menerima bantuan dana tanpa bunga dan selama setahun ke depan akan mendapat pelatihan serta pendampingan guna meningkatkan pengetahuan terkait usaha yang dijalankan.

Owner Yoyo Bolen, Cici Yohani, menceritakan awal usaha bolen yang dijalankan hanya dengan modal Rp.50 ribu. Menurutnya, untuk memulai suatu usaha, memerlukan kejelian dalam melihat peluang dengan mengolah sumber daya yang ada.

Udin, penjual kopi keliling yang merupakan penyandang disabilitas, berbagi cerita dan semangat untuk pantang menyerah. Sebagai tuna daksa bukan menjadi alasan baginya untuk menyerah pada keadaan, namun terus berusaha mengalahkan kerasnya dunia dengan berjualan kopi menggunakan sepeda.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER