Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Ferry Paulus: Penerapan VAR di Final EPA Liga 1 U-20 Sukses!

Ferry Paulus: Penerapan VAR di Final EPA Liga 1 U-20 Sukses!

Olahraga | Jumat, 8 Maret 2024 | 08:07 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Ferry Paulus: Penerapan VAR di Final EPA Liga 1 U-20 Sukses!

KABARINDO, SOLO - Direktur Utama (Dirut) PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, puas dengan penerapan teknologi VAR (Video Assistant Referee) di final Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 antara Persita Tangerang U-20 vs Persis Solo U-20 di Stadion Manahan Solo, Kamis (7/3/2024).

"Jika Kmelihat eksebisi atau trial hari ini, puas. Apalagi mulai tadi persiapan kebetulan saya juga ada bersama-sama tim baik dari hawkeye termasuk juga dari FIFA, ya hari ini bisa dibilang langkah pertama dalam proses penerapan VAR ini sukses," papar Ferry Paulus kepada awak media usai menyematkan medali kepada tim juara EPA Liga 1 U-20 2023/2024Persis Solo U-20.

Ferry Paulus: Penerapan VAR di Final EPA Liga 1 U-20 Sukses!

Menurut Ferry lagi, ada momen yang bisa diambil, kemudian ada pelajaran yang bisa diambil. Yang awalnya dinyatakan penalti, setelah melihat VAR ternyata tidak penalti dan kemudian dianulir.

"Itu artinya manfaat dari VAR itu nyata dan berhasil," tandas Ferry lagi.

Melihat lancarnya gelaran final EPA liga 1 U-20 dengan menggunakan VAR, apakah akan menjadi catatan optimis tidak perlu wasit asing?

Ferry Paulus: Penerapan VAR di Final EPA Liga 1 U-20 Sukses!

Ferry mengungkapkan, meskipun di dalam proses seleksi wasit hampir 40-an, hanya baru ada 13 yang lolos tahap awal. 

"Jika dari asistensi instruktur mereka juga menyatakan bagus, artinya masuk dalam tahapan yang masih bisa di-improve, masih bisa diperbaiki, ya rasanya sih kita optimis sekali. PSSI wasitnya optimis kok, masa kita tidak optimis," jelas Ferry.

"Jalau dari para instruktur dari FIFA, kalau dari keputusan-keputusan yang dilakukan sebagai seorang wasit, sangat memadai. Memang yang ada kendala itu di bahasa. Kan manusia juga berkembang, bisa dipelajari dan bisa belajar, kalau basic-nya memungkinkan rasanya tinggal komunikasi yang kita perbaiki," imbuhnya lagi.

Soal penggunaan VAR untuk liga 1, Ferry masih menunggu beberapa kali penerapannya. Ia menjelaskan masih ada 13 kali uji coba, artinya hari ini lancar, besok semakin lancar, semakin biasa, sehingga waktu championship series itu betul-betul menjadi ajang yang bisa dibilang final penerapan VAR.

"Baru setelah itu semuanya akan kita lakukan di pertandingan musim depan," tutup Ferry. Foto: PSSI


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER